Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kacamata

Published On July 5, 2018 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Fashion

Benda apa yang sering dibutuhkan manusia tapi terkadang diremehkan? Kacamata bisa disebut sebagai salah satunya. Orang-orang sering frustrasi mencari gadget atau jam tangan sebelum bepergian, seolah tak bisa hidup tanpanya. Kemudian, setelah perjalanan mendekati tujuan, baru sadar kacamata tertinggal di kamar. Sounds familiar?

Kacamata tak semata membantu seseorang menjadi lebih mudah membaca sebuah tulisan atau melihat benda menjadi semakin jelas. Saat ini, kacamata bisa berfungsi sebagai pelengkap gaya. Kacamata menjadi aksesori yang dibuat demi kenyamanan si pemakai.

Memilih kacamata sebaiknya disesuaikan dengan karakter si pemakai agar terlihat lebih percaya diri baik dalam karir atau hubungan sosial dan gaya hidup. Tetapi kebanyakan mereka memilih bingkai kacamata sesuka seleranya tanpa memedulikan kepantasan bentuk wajah dan karakter.

Bagaimana Cara Menentukan Memilih Kacamata? 

Membeli kacamata persis seperti membeli berlian. Seseorang harus tahu apa yang dibutuhkannya. Karena kacamata dibuat dalam skala besar oleh industri, maka memilih yang sesuai keinginan menjadi perhatian tersendiri. Terbuat dari apa bahan bingkainya –  plastik atau campuran logam -, tambahan bahan pelengkap, hingga bagaimana si kacamata ini diproduksi.

Ternyata, sebuah bingkai kacamata saat ini lebih menjadi perwakilan karakter, kepercayaan diri, dan harga diri daripada bentuk wajah.

Bentuk wajah secara umum dibedakan menjadi bulat, oval, persegi, persegi panjang, dan hati, meski sebenarnya tidak secara akurat memperlihatkan bentuk wajah seseorang. Hal ini umumnya didasarkan pada penilaian dan rasa subjektif manusia dengan ilmu morfologi wajah.

Maka abaikanlah semua aturan tentang memilih bingkai kacamata harus sesuai bentuk wajah. Perhatikan karakter dan kepribadian. Memakainya akan dipengaruhi dengan suasana hati, pakaian, cuaca, atau kesempatan.

Namun jika seseorang adalah pemakai kacamata pemula, maka memilih sesuai bentuk wajah masih bisa berguna. Tetapi harap diingat, bingkai yang terlalu kecil akan membuat wajah terlihat lebih lebar dan bingkai yang terlalu besar dapat mengurangi fitur wajah.

Misalnya, bingkai bulat untuk wajah bersudut. Sementara  bingkai bersudut dan bertepi untuk wajah bulat. Menemukan bentuk yang kebalikan dari wajah akan menyeimbangkannya.

Membeli Kacamata Di Toko Online Atau Datang Langsung? 

Tidak semua orang senang dan bisa berbelanja melalui marketplace yang ada di dunia maya. Lagipula mencoba bingkai kacamata bukan hal yang mudah karena kenyamanan pemakaian harus dirasakan langsung. Dikembalikan kepada selera pemakai, tetapi datang langsung ke toko fisik tetap diperlukan untuk memastikan bingkai dan lensa yang tepat.

Pemilihan lensa yang tepat pun akan memengaruhi kenyamanan pada batang hidung seseorang. Lensa kaca akan lebih membutuhkan perawatan ekstra agar tidak mudah pecah. Meski ada juga orang yang bilang, lensa plastik lebih rentan jika tergores karena akan menimbulkan garis halus sehingga mengganggu penglihatan. Datanglah ke toko kacamata dan konsultasikan agar bisa mendapatkan apa yang dibutuhkan.

Bagaimana dengan Anda, para pembaca Proman5Jam? Apa pertimbangan Anda dalam memilih sebuah kacamata? Silakan berbagi pengalaman di kolom komentar.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *