3 Kendaraan Modern yang Menarik untuk Dimiliki

Published On May 26, 2016 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Gadget, Knowledge, Sports

Zaman modern yang diikuti dengan teknologi yang semakin canggih membawa perubahan pada banyak hal, salah satunya pada cara manusia bertransportasi. Jika selama ini alat transportasi pribadi yang dikenal hanya sebatas sepeda, sepeda motor, atau mobil; kini mulai bermunculan alat transportasi yang lebih personal dari hasil perpaduan beberapa penemuan.

Berikut ini 3 alat transportasi personal masa kini yang sangat menarik untuk dimiliki. Meski harganya relatif mahal dan butuh keahlian khusus untuk mengendarainya, tidak ada salahnya untuk membeli dan mengendarainya dengan mahir.

  1. Segway PT Segway

Segway PT adalah alat transportasi 2 roda yang menggunakan sensor keseimbangan. Kendaraan listrik yang menggunakan baterai sebagai daya ini ditemukan pertama kali oleh Dean Kamen dan diproduksi oleh Segway Inc.

Segway sendiri berasal dari segue yang berarti transisi secara halus, dan PT merupakan singkatan dari Personal Transporter yang berarti alat transportasi pribadi. Menggunakan sensor gyroscopic, Segway PT dikendarai maju dan mundur dengan cara menggeser tumpuan badan ke depan dan belakang pada pijakannya. Untuk berbelok, Segway PT memiliki tuas untuk mengatur arah belok ke kanan dan kiri.

Segway PT dapat mencapai kecepatan maksimum 20 kpj dan dapat berjalan sejauh 39 km dalam keadaan baterai penuh, dan membutuhkan tenaga extra lama jika kondisi jalan berupa pasir atau rerumputan.

  1. Self-balancing Unicycle Unicycle

Terinspirasi dari sepeda roda satu, self-balancing unicycle merupakan kendaraan listrik beroda satu yang mengandalkan sensor gyroscopic dan akselarasi untuk bisa berjalan dan seimbang saat dikendarai.

Karena rodanya yang hanya satu, dibutuhkan bandul di dalamnya untuk menyeimbangkan dan memungkinkan untuk berbelok ke berbagai sisi, tidak hanya maju atau mundur.

Penggunaan kendaraan ini sebagai alat transportasi dilarang di beberapa tempat, tapi seseorang bernama Andrew Smiley membentuk sebuah grup di Facebook dan mengadvokasi penggunaan kendaraan ini untuk para penyandang cacat.

  1. Hoverboard Hoverboard1

Self-balancing scooter atau yang biasa disebut Hoverboard ini mengadaptasi kendaraan fiksi dari film ‘Back to the Future’ dengan nama yang sama. Bedanya, di dunia nyata kendaraan ini masih memerlukan roda dan sensor gyroscopic, alih-alih melayang di udara seperti yang diperlihatkan pada franchise film ‘Back to the Future’.

Memperoleh energi dari baterai jenis lithium-ion dengan pijakan kecil dan dua roda kanan dan kiri membuat Hoverboard lebih ringan dan mudah dibawa ke mana-mana dibandingkan dengan Segway PT.

Karena kelebihannya ini, Hoverboard lebih terkenal dibandingkan Segway PT dan self-balancing unicycle. Bahkan selebritas seperti Justin Bieber, Kendall Jenner, Wiz Khalifa, dan Chris Brown ikut mempopulerkan kendaraan ini sehingga menjadi viral di media sosial.

Tiga alat transportasi di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika disesuaikan dengan kebutuhan dan kecocokan, mana yang dipilih untuk dimiliki? Silakan dipertimbangkan, dan jangan lupa tuliskan pendapat di kolom komentar artikel ini.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *