4 Kemerdekaan Diri yang Perlu Diraih Sebelum Usia 30

Published On August 15, 2016 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Knowledge

“Jauh lebih baik kita kehilangan masa muda daripada kita kehilangan masa depan.” ~ Yasa Singgih.

Sudah bukan rahasia lagi bila semakin banyak pria sukses dan menjadi jauh lebih bahagia sebelum usia mereka menyentuh angka 30 tahun. Muda, penuh semangat, menjadi incaran berbagai perusahaan keren dan investor asing, dilirik banyak wanita, dan pastinya membuat pria lain iri dan merasa tersaingi.

Tetapi tak banyak pria yang tahu bagaimana cara meraih kebebasan dan kemandirian yang notabene adalah kemerdekaan dalam segala hal. Ada hal yang harus diperjuangkan demi kemerdekaan dan kebebasan.

Berikut ini 5 hal penting yang bisa diperhatikan untuk meraih kemerdekaan diri.

  1. Merdeka Secara Pendidikan

Seorang pria harus tetap semangat memperbaiki diri. Tak ada waktu terbuang percuma. Selagi masih muda dan bisa berbuat maksimal, memelajari hal-hal baru tidak boleh berhenti. Setelah selesai dengan pendidikan formal, banyak kesempatan menghadiri kelas nonformal dan informal agar bisa meningkatkan kompetensi diri. Gunakan waktu dengan mengasah kemampuan menjadi pribadi lebih baik.

  1. Merdeka Secara Keuangan

Kepuasan seorang pria ketika mendapatkan pekerjaan sesuai harapan atau membangun startup impian menjadi gerbang menuju kemerdekaan finansial. Pria yang memiliki target tentu akan menabung untuk membeli rumah atau mobil impian. Selain berinvestasi di properti atau kendaraan mewah, sebagian penghasilan diinvestasikan dalam bentuk tanah, logam mulia, atau saham.

  1. Merdeka dalam Bersosialisasi

Seorang pria merdeka tentu bisa menikmati waktu antara berkumpul bersama teman, keluarga, dan pasangan. Ada kalanya sibuk menonton pertandingan sepakbola atau membongkar mobil antik dengan teman komunitas, di lain kesempatan menghabiskan waktu berdua saja dengan kekasih setelah beraktivitas seharian di tempat kerja. Sebagai makhluk sosial, berkumpul dengan sesama membuat lebih bahagia dan berumur panjang.

  1. Merdeka dalam Menemukan Jati Diri

Artinya menjadi diri sendiri, bebas dari belenggu apapun dan siapapun. Itu sebabnya, banyak orang merasa bahagia ketika bisa mengerjakan sesuatu sesuai passion mereka. Ada yang merasa bangga dan berhasil ketika bisa membuktikan mandiri jauh dari orangtua, seperti yang dilakukan para pria Minang saat merantau. Sementara bagi pria lain, menjadi travel blogger adalah kepuasan tersendiri karena hobi menulis dan jalan-jalan hingga bisa menaklukkan lima benua plus menghasilkan uang.

Nah, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan setelah kemerdekaan pada diri sudah diraih. Berhasil memiliki rumah dan keluarga yang harmonis? Karir mulai menanjak? Maka, berterima kasih kepada Tuhan akan membuat seorang pria tetap down to earth.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *