4 Makanan Khas Indonesia Saat Bulan Puasa

Published On June 2, 2016 | By Proman5Jam | Knowledge

 

Indonesia memiliki banyak ragam kuliner yang tidak akan ada habisnya jika dibahas. Dari Sabang sampai Merauke, setiap daerah memiliki identitas dan keunikannya sendiri dalam hal makanan khas. Terlebih saat bulan Ramadan datang, kuliner di Indonesia bisa bertambah banyak lagi ragamnya.

Di antara banyaknya ragam kuliner khas daerah-daerah Indonesia, beberapa kuliner justru hanya ada saat bulan Ramadan datang. Ini contohnya.

  1. Ketan Bintul Bintul

Ketan bintul merupakan makanan kesukaan Sultan Maulana Hasanuddin, seorang pangeran dari kerajaan Banten. Sebetulnya ketan bintul adalah makanan rakyat biasa, namun sejak rakyat Banten mengetahui Sultannya sangat menyukai ketan bintul, mereka menjadikan ketan bintul sebagai budaya untuk berbuka puasa. Untuk menghormati Sultan Maulana Hasanuddin tersebut.

Ketan bintul merupakan nasi ketan yang dihaluskan dan disajikan bersama potongan daging sapi dan kuah gulai. Tapi ada juga yang menyajikan kental bintul dengan ditaburkan serundeng di atasnya.

  1. Kicak Kicak

Makanan khas dari kota Yogyakarta ini cukup populer sebagai jajanan untuk berbuka puasa di bulan Ramadan. Kicak sendiri dibuat dari bahan dasar beras ketan yang ditanak kemudian dihaluskan. Ketan tadi kemudian dicampur dengan parutan kelapa lalu diberi potongan buah nangka. Kicak disajikan di atas daun pisang dan memiliki aroma nangka yang menggiurkan. Sementara rasa kicak yang manis dan mengenyangkan itu dipercaya bisa menggantikan energi setelah seharian berpuasa. Kicak cocok dinikmati bersama Proman Energenesis yang memiliki aroma anggur di dalamnya.

  1. Mie Glosor Glosor

Mie Glosor merupakan makanan yang berasal dari Sukabumi, namun sangat terkenal dan menjadi menu berbuka khas orang Bogor. Mie glosor berwarna kuning keemasan dan dibuat dari tepung singkong dan campuran kunyit. Sementara teksturnya sendiri kenyal-kenyal.

Sesuai dengan namanya glosor yang berasal dari bahasa Sunda yang berarti mudah ditelan, makan mie glosor tidak perlu dikunyah cukup lama.

  1. Ragit Indramayu Ragit

Seperti mie glosor yang terkenal di Bogor, ragit Indramayu merupakan makanan berbasis mie yang dijadikan menu berbuka puasa di Indramayu, Jawa Barat. Ragit Indramayu berbahan dasar mie kuning yang dicampur dengan telor dadar yang sudah diiris-iris. Kemudian mie dan telor dadar itu disiram dengan kuah santan udang dengan sambal pedas sebagai tambahan.

Dua menu berbasis ketan dan dua menu berbasis mie. Mana yang paling enak dijadikan menu berbuka puasa pekan ini? Jangan lupa foto menu berbuka di rumah dengan Proman Energenesis, lalu ikuti #KuisProman di media sosial @Proman5Jam untuk mendapatkan 2 bluetooth speaker sebagai hadiah!

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *