4 Pria Tangguh yang Berhasil Bangkit dari Kegagalan

Published On May 5, 2016 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Knowledge

Sudah waktunya untuk berhenti mengeluh, jujur terhadap diri sendiri, dan mulai bekerja keras menuju kesuksesan. Berkacalah kepada para pria tangguh yang berhasil bangkit dari kegagalan di bawah ini.

Kisah dan pelajaran yang mereka alami sangat berharga, apalagi karena mereka memanfaatkan kegagalan yang mereka alami sebagai batu loncatan untuk akhirnya menjadi sukses. Mereka mengambil alih hidup mereka sepenuhnya dan membiarkan masa lalu tertinggal di belakang dengan cara tetap bergerak maju.

Pahamilah bahwa para pria ini tidak menyalahkan keadaan atau orang lain atas kegagalan yang mereka hadapi, pun tidak berlarut-larut dalam kesedihan pada setiap kegagalan tersebut. Patut ditiru.

Simak kisah inspiratif mereka berikut ini.

  1. Abraham Lincoln Lincoln1

Banyak kegagalan dan kemalangan yang dialami oleh Abraham Lincoln sebelum akhirnya ia berhasil menjadi presiden Amerika Serikat ke-16. Pada usia 9 tahun Lincoln kecil sudah ditinggal oleh ibunya yang merupakan seorang petani. Beberapa tahun kemudian Lincoln memilih untuk meninggalkan rumah sang ayah untuk bekerja sebagai asisten di sebuah toko, meski akhirnya harus dipecat karena keadaan finansial toko yang tidak sehat.

Pada tahun 1832 Lincoln mengikuti pemilihan legislatif di negara bagian Illinois, dan kalah di urutan 8 dari 13 kandidat. Setahun kemudian dia dan temannya membeli sebuah toko di New Salem, Illinois, namun tidak berjalan baik hingga mereka terlilit banyak utang.

Tahun 1834 merupakan kemenangan Lincoln di pemilu legislatif, namun ia harus menerima kenyataan bahwa calon istrinya meninggal dunia, membuatnya menderita depresi hingga tahun 1836 dan mengharuskan ia istirahat di tempat tidur selama 6 bulan.

Sampai akhirnya Lincoln berhasil menjadi anggota DPR perwakilan Illinois, meski sempat dua kali gagal dari Partai Whig, partai yang mengusungnya.

  1. Albert Einstein Einstein1

Sebagai penderita disleksia, Einstein kecil dianggap oleh gurunya sebagai pemikir yang lambat karena dia tidak bisa bicara dengan lancar. Sampai usia 4 tahun Einstein tidak bisa bicara, dan sampai usia 7 tahun Einstein tidak bisa membaca.

Perilaku nakalnya yang suka melewatkan kelas dan prestasinya yang buruk membuatnya diusir dari Akademi Rotterdam dan mendapatkan surat penolakan dari Politeknik Zurich. Bahkan hingga ayahnya meninggal dunia, sang ayah tidak pernah menyadari kemampuan Einstein di masa depan dan wafatnya dalam keadaan percaya bahwa Einstein adalah anak yang gagal selamanya.

Seteleh menyelesaikan studinya yang tidak terlalu memuaskan, Einstein mengambil pekerjaan sebagai pegawai di perusahaan paten. Membuatnya harus mengulas paten dan persamaan matematika. Dari sinilah semuanya dimulai. Hingga akhirnya dunia mengenalnya sebagai ilmuwan genius, meski semuanya juga tentu saja dilalui dengan banyak kesalahan dan kegagalan.

  1. Elvis Presley Presley1

Mayoritas orang mengenalnya sebagai musisi terkenal, namun sedikit yang tahu bahwa Elvis sebelumnya adalah seorang sopir truk. Pada tahun 1953 setelah menyelesaikan sekolahnya, Elvis memilih karir sebagai sopir truk untuk mendanainya rekaman di studio musik.

Di panggung pertamanya, Elvis mendapatkan komentar pedas dari manajernya, yang mengatakan “kamu tidak akan ke mana-mana, Nak. Seharusnya kembali saja jadi sopir truk.” Tapi komentar itu tidak menggoyahkan Elvis.

Di perjalanan karirnya kemudian tidak sedikit pula persoalan yang dihadapi Elvis. Dari mulai berhadapan dengan hukum karena manajer barunya yang tidak cakap dalam mengelola keuangan mereka, hingga pernikahannya dengan Priscilla yang berujung pada perceraian. Namun, semua itu tidak menghambatnya untuk menjadi orang besar. Elvis dikenal banyak orang sebagai musisi bernilai miliran dolar.

  1. Harland Sanders Sanders1

Menikah di usia 28 dan kemudian memiliki 3 anak membuat Sanders harus bekerja banting tulang untuk menghidupi keluarganya. Sayangnya itu belum cukup memuaskan sang istri, sampai akhirnya Sanders digugat cerai.

Di usia 40 dan setelah melakukan banyak jenis pekerjaan, Sanders membeli sebuah motel dan kafe di Corbin, Kentucky, dengan sisa sedikit uang yang dia miliki. Pada tahun 1935 gubernur Kentucky memberikan julukan Kolonel kepada Sanders. Sayangnya dua tahun kemudian kafe miliknya habis terbakar.

Di usianya yang sudah 67 tahun, Kolonel Sanders masih harus keliling dengan mobilnya untuk menawarkan resep ayam goreng buatannya ke restoran-restoran. Sempat mengalami 1.009 kali penolakan sebelum akhirnya diterima di restoran pertama. Sanders dibayar sebesar 5 sen untuk setiap ayam goreng yang terjual. Sembilan tahun kemudian Sanders telah berhasil menjual resepnya ke 600 restoran dan menerima 2 juta dolar dari investor KFC.

Sanders juga dibayar sebesar 250 ribu dolar per tahun untuk menjadi wajah resmi di logo perusahaan KFC.

Punya kisah kesuksesan dari tokoh lain yang juga menginspirasi? Silakan ditambahkan di kolom komentar. Tag atau mention @Proman5Jam di media sosial untuk request topik yang ingin dibahas.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *