4 Tujuan Arung Jeram Terbaik di Indonesia Part 2

Published On July 24, 2017 | By Proman5Jam | Adventure, Editor's Picks

Pada artikel sebelumnya, kami sudah membahas 4 tujuan arung jeram terbaik yang ada di Indonesia. Kali ini Anda perlu tahu 4 tempat arung jeram di Indonesia lainnya yang patut dikunjungi untuk memacu adrenalin.

Seperti diketahui, bahwa petualangan berarung jeram tak hanya dinikmati orang dewasa penyuka tantangan. Anak-anak pun bisa belajar mengenal alam dengan cara berarung pada jeram skala paling rendah.

Di Indonesia, banyak sungai dengan . Grade1 hanya flat saja. Lalu grade 2 sungai sudah beriak tapi belum banyak batu besar. Kalau di grade 3, sungai sudah beriak, berarus, dan banyak bebatuan besar yang membuat kita harus maneuver. Di grade 4, kesulitannya lebih menantang lagi. Di tingkat inilah jeram sungai memiliki spesifikasi yang berbeda-beda dan ada bentukan sungai hidrolik yang membuat arus menjadi semakin besar dan kencang,

Pemula atau profesional, bisa menikmati serunya di berbagai pilihan lokasi yang ada.  Berikut ini adalah sungai pilihan Proman untuk Anda, penyuka olahraga air.

Sungai Serayu, Jawa Tengah 

Petualangan dimulai dari Desa Belimbing, Desa Tunggoro di Kabupaten Wonosobo, dan Desa Prigi di Kabupaten Banjarnegara. . Dengan grade yang cukup tinggi, tentunya energi akan terkuras habis saat menjalani tantangan arung jeram di sungai ini. Untuk itu, jangan lupa siapkan Proman Energenesis dan minum sebelum tantangan dimulai.

Sungai Sa’dan, Sulawesi Selatan 

Memiliki grade 3 dan 4, Sungai Sa’dan yang terletak di Tana Toraja dan memiliki panjang 182 kilometer ini membutuhkan waktu dua hari untuk mengarunginya. Oleh karena itu, disediakan penginapan berupa rumah panggung yang disebut Lantang di pinggir sungai. Jika Anda ada rencana berlibur ke pulau Sulawesi, jangan lewatkan untuk melakukan olahraga air ini di sungai Sa’dan.

Sungai Manna, Sumatera Selatan 

Sungai Manna membelah dua provinsi, yaitu Provinsi Bengkulu dan Sumatera Selatan. Tingkat kesulitan sampai grade 4. Ada sejumlah anak sungai yang memiliki arus deras dengan jeram besar. Lokasi pilihan untuk berarung jeram adalah Desa Tanjung Sakti di Bukit Barisan. Dengan arus yang deras di sungai ini, beranikah Anda mencobanya?

Sungai Asahan, Sumatera Utara 

Inilah sungai yang disebut sebagai lokasi terbaik berarung jeram ketiga di dunia setelah Sungai Zambesi di Afrika dan Sungai Colorado di Amerika Serikat. Kecepatan arusnya mencapai 20 meter kubik per detik, grade 4+ dan 5+ menjadikan sungai ini pilihan perlombaan arung jeram internasional.

Sungai manakah yang pernah pembaca Proman5Jam arungi? Mana yang belum? Mana lokasi favorit Anda? Silakan berbagi di kolom komentar.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *