4 Tujuan Arung Jeram Terbaik di Indonesia

Published On March 6, 2017 | By Proman5Jam | Adventure, Editor's Picks, Sports

Petualangan berarung jeram tak hanya dinikmati orang dewasa penyuka tantangan. Anak-anak pun bisa belajar mengenal alam dengan cara berarung pada jeram skala paling rendah.

Di Indonesia, banyak sungai dengan level kesulitan jeram berbeda. Pemula atau profesional, bisa menikmati serunya di berbagai pilihan lokasi yang ada.  Berikut ini adalah sungai pilihan Proman untuk Anda, penyuka olahraga air.

Sungai Batang Tarusan, Sumatera Barat Sungai Batang Tarusan

Rute dimulai dari Desa Taratak, 20 menit dari Jalan Lintas Padang – Painan. Tingkat kesulitan grade 2 dan 3 di musim kemarau. Di musim hujan, bisa mencapai grade 4. Waktu pengarungan 2- 3 jam dengan karakter sungai yang sempit dan arus cepat. Sementara jeramnya besar sehingga bisa membuat perahu terbalik.

Sungai Ayung, Bali Ayung Bali

Jika mampir ke Bali, sungai yang satu ini bisa jadi pilihan. Rute sepanjang 12 kilometer bisa ditempuh 2 jam dan tak akan hanya melihat pepohonan, juga air terjun kecil dan ukiran karya para seniman Ubud sepanjang 200 meter.

Sungai Nimanga, Sulawesi Utara Nimanga

Terletak di Desa Timbukar, Kabupaten Minahasa, memiliki dua ari terjun setinggi 70 dan 90 meter. Rute pengarungan 5-6 jam. Bonusnya adalah bisa melihat satwa langka seperti Tarsius. Dari Manado, bisa ditempuh lewat jalan darat selama 3 jam.

Sungai Citarik, Jawa Barat Citarik

Berada di Taman Nasional Gunung Halimun, sungai ini menjadi tujuan terkenal arung jeram. Tingkat kesulitan beragam, sehingga bisa diikuti oleh pemula sampai profesional. Rute terpendeknya bisa ditempuh dalam satu jam saja.

Sungai manakah yang pernah pembaca Proman5Jam arungi? Mana yang belum? Mana lokasi favorit Anda? Silakan berbagi di kolom komentar.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *