5 Album Musik yang Wajib Disimak Berurutan dari Awal Sampai Akhir

Published On March 28, 2016 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Music, Uncategorized

Seiring dengan bertambah majunya teknologi, cara orang mendengarkan sebuah rilisan music pun semakin beragam dan banyak pilihan. Hal itu juga memengaruhi cara orang menikmati sebuah karya. Ada yang menyukai keseluruhan album, beberapa single saja dari keseluruhan album, atau bahkan hanya menyukai satu single jagoan.

5 album di bawah ini adalah contoh rilisan musik yang wajib didengarkan secara berurutan dari lagu pertama hingga lagu terakhir. Simak juga alasannya berikut ini:

  1. Lamb of God – Sacrament (2006)Lamb of God

Pertama coba perluas jangkauan ke ranah musik cadas. Lamb of God yang dikenal sebagai American groove metal band ini telah merilis setidaknya 7 studio album, dan album kelima ini yang paling wajib didengarkan tanpa henti dari awal sampai akhir. Band yang pernah manggung di Jakarta 2 kali di tahun 2009 dan 2015 ini bukan sembarang band metal. Karena komposisi musiknya yang groovy dengan melodi gitar dari Mark Morton dan riff khas dari Willie Adler.

Lagu-lagu yang bisa memekakkan telinga dan membakar semangat di album ini: ‘Redneck’.

  1. Coldplay – A Rush of Blood to the Head (2002) Coldplay

Inggris memang tidak pernah kekurangan musisi hebat. Coldplay adalah salah satu yang piawai menciptakan lagu-lagu yang bisa membuat orang patah hati dan jatuh cinta di waktu yang bersamaan. Beberapa orang mungkin ada yang mulai tidak menyukai Coldplay dengan beberapa album terakhirnya yang bisa dibilang Coldplay telah kehilangan jati diri, tapi album ‘A Rush of Blood to the Head’ telah berhasil menghipnotis jutaan pasang telinga dengan lagu dan lirik yang bisa dibilang berbahaya untuk kesehatan hati dan jiwa.

Nomor yang patut diwaspadai: ‘The Scientist’ dan ‘Warning Sign’.

  1. Dewa – Bintang Lima (2000)Dewa

Mungkin ini salah satu momen paling bersejarah di belantika musik Indonesia. Yaitu ketika sebuah band rock hebat yang ditinggal oleh vokalisnya karena ketergantungan narkoba (Ari Lasso) justru semakin meledak dan bersinar. Masuknya Once (vocal) dan Tio Nugros (drum, menggantikan Wong Aksan) justru membawa warna baru dan nuansa lebih segar di tubuh Dewa 19. Seperti sebuah buku yang dimulai dengan ‘Mukadimah’, Ahmad Dhani mengajak pendengarnya untuk menikmati ‘Roman Picisan’ yang diikuti dengan tembang-tembang yang tema utamanya adalah tentang cinta.

Patut diakui bahwa ‘Bintang Lima’ adalah salah satu mahakarya terbaik dari seorang genius Ahmad Dhani.

  1. Dream Theater – Metropolis Pt. 2: Scenes from a Memory (1999) Dream Theater
Awalnya sang gitaris John Petrucci diminta untuk membuat kelanjutan dari lagu ‘Metropolis, Pt. 1: The Miracle and the Sleeper’ yang ada di album ‘Images and Words’ rilisan tahun 1992. Namun Dream Theater menjawab permintaan itu dengan merilis satu album penuh yang bercerita tentang kisah seseorang yang dihantui masa lalunya. Orang tersebut dibantu oleh seorang hipnoterapis untuk ‘mengintip’ masa lalunya melalui proyeksi astral, kemudian diketahui bahwa di kehidupannya di masa lalu dia adalah seorang perempuan korban pembunuhan yang disebabkan oleh cinta segitiga.

Lagu paling terkenal di album ini adalah yang berjudul ‘Scene Eight: The Spirit Carries On’.

  1. Pink Floyd – The Dark Side of the Moon (1973) Pink Floyd

Dunia mengakui bahwa Pink Floyd adalah salah satu band psychedelic rock paling hebat di muka bumi ini. Meski ditinggal pendirinya, Syd Barrett saat baru awal-awal dibentuk sekitar akhir tahun 1960-an, band ini tetap bisa menghasilkan album-album yang sukses secara komerial. Salah satunya album ‘The Dark Side of the Moon’ ini. Album yang lirik di semua lagunya ditulis oleh sang bassist, Roger Waters ini adalah album yang wajib disimak dari detik pertama hingga terakhir.

Mendengarkan album ini seperti terbawa ke dalam tiap-tiap momen yang diceritakan. Album ini bercerita tentang konflik, keserakahan, perjalanan waktu, dan penyakit kejiwaan yang terinspirasi dari keadaan kejiwaan Syd Barrett.

Bersiap untuk ‘terbang’ di nomor ‘On the Run’ dan ‘The Great Gig in the Sky’.

Punya rekomendasi album lain yang wajib disimak dari awal sampai akhir? Silakan tuliskan di kolom komentar.

 

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *