5 Apps yang Bisa Meningkatkan Produktivitas

Published On April 1, 2016 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Gadget, Knowledge

Jika pekerjaan menumpuk, banyak e-mail yang tidak sempat terbaca, dan deadline yang terus-menerus mengejar, mungkin memang saatnya diperiksa kembali satu per satu apa yang membuat semua pekerjaan tersebut tertunda.

Belum perlu asisten pribadi untuk mengatur dan mengorganisir semua pekerjaan. Selama ada smartphone atau komputer pribadi, hanya perlu memasang 5 aplikasi yang bisa memudahkan beberapa urusan berikut ini:

  1. SwiftKey KeyboardSwiftKey

Dimulai dari keyboard smartphone terlebih dahulu. Tidak bisa dipungkiri bahwa aktivitas mengetik adalah hal yang paling sering dilakukan setiap harinya. Dari mulai membalas pesan SMS, e-mail, chat, sampai update status di media sosial semuanya butuh aktivitas satu ini. Dengan SwiftKey Keyboard aktivitas mengetik jadi lebih mudah dan ringkas.

Aplikasi ini bisa memprediksi kata dan kalimat, bahkan dalam berbagai macam bahasa. Ia juga membaca kebiasaan sehari-hari penggunanya dalam melakukan percakapan, dengan begitu prediksi yang dilakukan SwiftKey sangat akurat dan membuat waktu mengetik jadi lebih efisien. Dengan SwiftKey aktivitas mengetik jadi seperti Ninja dan tidak perlu mengangkat jari, karena mengetik dilakukan secara flowing.

SwiftKey Keyboard tersedia di iOS dan Android.

 

  1. Todoist Todoist

Jika keseharian dipenuhi dengan daftar pekerjaan yang harus dilakukan, aplikasi Todoist dapat membantu melakukan to-do-list dan menjadi alat yang sangat berguna dalam mengelola pekerjaan.

Dengan user interface yang bersih dan sederhana, Todoist dapat membantu membagikan proyek, mendelegasikan pekerjaan, mengatur notifikasi, dan yang paling penting, bisa mengakses semua daftar tersebut di manapun.

Bukan hanya ada di sistem operasi iOS dan Android, Todoist juga hadir di Windows dan Mac, juga tersedia sebagai browser extension untuk Safari, Chrome, dan Firefox.

 

  1. Freedom Freedom

Sesuai dengan namanya, aplikasi Freedom bisa membebaskan seseorang dari segala macam gangguan dan distraksi atas pekerjaannya. Sederhananya, Freedom akan memblokir segala aplikasi dan website yang bisa mendistraksi seseorang ketika sedang bekerja. Sebut saja aplikasi atau website seperti Twitter, Instagram, Facebook, atau apapun yang bisa membuat orang terdistraksi saat melakukan pekerjaan.

Dengan Freedom, seseorang bisa mengatur sesi dan jadwal kapan mereka tidak bisa membuka website-website atau aplikasi yang bisa mengganggu konsentrasi mereka dan menjadi fokus dengan pekerjaan.

Freedom bisa didapatkan secara gratis di iOS, Android, maupun Mac.

 

  1. Noisli Noisli

Untuk yang tidak bisa bekerja dengan suasana sepi atau terlalu tenang, aplikasi berbasis website bernama Noisli ini dapat membantu meningkatkan produktivitas dan mempertajam fokus dengan bantuan suara-suara nuansa dari berbagai macam situasi. Seperti suara rel kereta api, suara hujan, ombak, petir, dan lain sebagainya.

Setidaknya ada 16 suara background noise dengan fungsi berbeda seperti untuk relaksasi dan produktivitas, dan masing-masing suara bisa dikombinasikan satu sama lain.

Noisli dapat diakses dari browser internet di alamat http://noisli.com

 

  1. YesBossNow YesBossNow

Terakhir namun tidak kalah penting, YesBoss adalah sebuah layanan asisten pribadi virtual yang dapat memenuhi kebutuhan penggunanya. Uniknya, layanan ini hanya memerlukan pesan teks SMS saja tanpa perlu memasang aplikasi apapun.

Segala kebutuhan dari yang sepele hingga hal penting seperti pemesanan tiket pesawat, pembelian tiket bioskop, pemesanan dan layanan antar makanan bisa didelegasikan ke asisten pribadi virtual ini hanya dengan mengirim SMS ke nomor tertentu.

Di Indonesia, setidaknya ada dua layanan asisten pribadi virtual seperti ini, yaitu YesBossNow dan HaloDiana. Keduanya mengadaptasi layanan serupa dari Amerika Serikat bernama Magic.

Selain 5 aplikasi yang disebutkan di atas, aplikasi lain apa saja yang juga bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja? Jika ada masukan dan tambahan, silakan ditulis di kolom komentar.

 

 

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *