5 Cara Pria Modern Menghemat Uang

Published On April 23, 2018 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Knowledge

Kebanyakan pria terjebak dalam pikiran bahwa dirinya bisa mengatur keuangan sendiri tanpa bantuan siapa pun. Kenyataannya, tak sedikit pula yang selalu merasa sudah bangkrut bahkan tak lama setelah gajian.

Membuat anggaran adalah taktik yang bisa diterapkan untuk mengelola keuangan jangka pendek. Tak hanya menghemat uang seseorang, tetapi sekaligus mencegah membengkaknya masalah keuangan di masa depan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dicek kembali apakah seorang pria sudah mengatur keuangannya dengan benar atau belum.

1) Jangan Membuat Keputusan Saat Anda Emosional atau Tertekan 

Studi menemukan bahwa ketika manusia berada dalam keadaan yang sangat bergairah, emosi cenderung mempengaruhi keputusan mereka secara irasional.

Pengambilan keputusan emosional sering akan menyebabkan Anda membuat keputusan yang merasa baik dalam jangka pendek tetapi mengarah pada hasil negatif dalam jangka panjang.

Ada dua bentuk kondisi bergairah itu. Internal dan eksternal. Pada bagian internal disebabkan perasaan yang kuat untuk memilih makanan yang menenangkan, belanja impulsif, meningkatkan batas kartu kredit, dan aneka bentuk sebab yang berdasarkan keputusan secara emosi. Perasaa baik di awal menyebabkan hal buruk selanjutnya.

Sementara gairah eksternal disebabkan oleh lingkungan atau situasi yang menekan. Biasanya bagian penjualan terkenal menggunakan taktik ini untuk menekan seseorang agar membuat keputusan pembelian dengan meningkatkan stres calon pembeli sehingga mengambil keputusan berdasarkan emosi. Mereka menggunakan kelangkaan (misalnya, “Ini yang terakhir dengan harga segini!”) atau menggunakan rasa takut (misal, “Jika Anda kehilangan kesepakatan ini, saya tidak tahu apakah ini akan terjadi lagi.”).

Pastikan untuk meyakinkan diri sendiri apakah sedang dalam kondisi stres, lelah, marah, tertekan, terlalu bahagia, atau di bawah pengaruh sesuatu yang mengaburkan objektivitas.

2) Belanja Asuransi 

Asuransi adalah industri multi-miliar dolar yang menjamin segala sesuatu mulai dari hidup, kesehatan, kapasitas seseorang untuk mencari nafkah, mobil, rumah, bencana tak disengaja, dan hampir semua bagian lain dari hidup seseorang. Tetapi ternyata, setiap tahun, nilainya masih bisa meningkat secara bertahap.

Kebanyakan pria tidak repot-repot berbelanja, karena asuransi adalah subyek membosankan yang dianggap biasa saja dan dilupakan. Tetapi, menginvestasikan waktu sekali atau dua kali setahun untuk meninjau kebijakan asuransi dan membandingkannya dengan pesaing potensial dapat membuahkan penghematan besar secara nyata. Dengan memilih asuransi dan membandingkan kebijakan, nasabah berpotensi menghemat ratusan bahkan ribuan dolar setiap tahun.

3) Membayar Utang 

Tidak bisa dipungkiri, inilah kewajiban seseorang ketika memiliki sebuah pinjaman entah dari bank, perusahan kredit, atau bahkan dari teman sendiri. Utang adalah hal menakutkan bagi semua orang. Perlahan, bayarlah sesuai prioritas yang paling mendekati tenggat waktunya. Bayar yang paling kecil jumlahnya agar semakin sedikit beban utang yang tersisa. Tingkatkan pemasukan bulanan dan mulailah mengurangi beban bulanan dengan segera membayar setiap tagihan tanpa ditunda.

4) Gunakan Kupon 

Banyak perusahaan yang mengirimkan kupon setiap hari melalui surel atau pesan singkat. Pembaca Proman5Jam dapat menghemat ribuan barang jika membaca tawaran kupon yang ada di kotak masuk dalam gadget atau koran dan majalah langganan. Dengan hanya membayar sedikit rupiah, seseorang dapat membeli koran lokal edisi Minggu dan berpotensi menghemat beberapa ribu rupiah dari promo yang ada di koran untuk menikmati kopi, makan siang spesial, belanjaan di toko kelontong, dan promosi restoran.

Jelajahi internet untuk “situs kupon gratis” dan temukan puluhan situs otoritas yang menampilkan kupon dan dapat menghemat anggaran seseorang dengan serius. Dengan aneka kupon tersebut, seseorang akan mengurangi tagihan belanja dan makan di luar dengan jumlah yang signifikan dan menghemat banyak uang dalam jangka panjang. Selain kupon atau voucher nikmati juga potongan harga (diskon) seperti yang sedang diberikan oleh Proman di beberapa convenience store.

Bagaimana menurut Anda, pembaca setia Proman5Jam? Sudah memotong berapa banyak kartu kredit atau tidak tergoda dengan aneka penawaran dari para tenaga penjualan di luar sana? Silakan berbagi tip dengan pembaca lain di kolom komentar.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *