5 Olahraga Ekstrim Yang Harus Dicoba

Published On April 20, 2015 | By Proman5Jam | Adventure, Knowledge, Sports

Bagi penggila adrenalin, melakukan kegiatan seru dan menantang adalah sebuah kebahagiaan. Dari beragam kegiatan yang dapat memicu adrenalin, ada beberapa olahraga ekstrim yang patut dicoba. Dengan resiko bahaya yang tinggi, olahraga ekstrim ini melibatkan kecepatan, ketinggian, peralatan dan juga keahlian yang khusus. Bagi yang sudah berpengalaman, beberapa olahraga ini akan dianggap biasa saja, namun bagaimana bagi mereka yang baru ingin mencobanya? Sebelum merasa tertantang untuk mencoba, mari mengenal beberapa diantaranya:

Mountain Biking (Sepeda Gunung)
Bersepeda dijalur off-road yang seringkali melewati medan kasar ataupun tebing-tebing tinggi. Sepeda yang digunakan pun bukan sepeda gunung biasa, tapi sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Dari rangka sampai suspensi sepeda, harus sesuai dengan track pegunungan. Adrenalin akan terpacu bila mengendarai dengan kecepatan kencang disaat melalui tempat tinggi.

Rock Climbing (Panjat Tebing)
Olahraga ini menuntut fisik dan mental yang kuat. Memanjat sebuah tebing dari bawah sampai atas memerlukan daya tahan, kelincahan, dan juga keseimbangan tubuh. Untuk para pemula, apabila ingin melakukan Rock Climbing, disarankan didampingi dengan instruktur atau orang yang sudah berpengalaman, karena resiko bahaya yang cukup tinggi. Dan juga harus dilengkapi dengan peralatan memanjat yang bagus.

Bungee Jumping
Melompat dari tempat tinggi dengan kaki terikat kabel elastis sepertinya bisa menjadi pilihan lain bagi mereka yang suka memacu adrenalin. Kegiatan ini harus dilakukan dari ketinggian yang cukup, dari atas gedung, jembatan, atau crane. Seiring perkembangannya, Bungee Jumping dipandang sebagai salah satu olahraga ekstrim paling mudah karena dilihat dari medannya.

Big Wave Surfing
Suka bepergian ke pantai dan menyukai olahraga ekstrim sepertinya belum lengkap kalau belum mencoba Big Wave Surfing. Surfing jenis ini harus dilakukan di pantai yang memiliki gelombang tinggi setidaknya 6 meter atau lebih. Dengan papan surfing yang lebih besar dan lebih panjang, menjadikan rider surfing untuk mendayung lebih cepat untuk mencapai gelombang laut yang tinggi. Pastikan mempunyai keahlian dasar untuk berselancar dan berenang sebelum melakukan olahraga ekstrim ini.

Longboard
Diadaptasi dari olahraga skateboard namun lebih ekstrim. Longboard menggunakan papan yang lebih panjang dan wheels yang lebih besar. Untuk melakukannya harus mencari jalanan beraspal yang menurun jengan jarak lebih dari 2km, karena kecepatannya bisa sampai 50km/jam – 80km/jam. Disarankan untuk mencari jalan yang sepi dan harus mengunakan peralatan keselamatan seperti helm, knee protector, dan elbow protector.

Selain butuh keberanian untuk mencoba, beberapa olahraga ekstrim tersebut juga membutuhkan latihan dasar agar dapat melakukannya dengan baik dan tanpa cedera. Sebuah kepuasan memang tidak hadir secara instan, butuh waktu dan energi ekstra. Namun, jika membayangkan kepuasan yang dapat diraih, sepertinya semua hal tersebut akan sebanding.
So, Berani untuk mencobanya?

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *