6 Gerakan Latihan Sederhana Tanpa Meninggalkan Meja Kerja

Published On August 6, 2017 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Health

Banyak hal lain yang bisa dilakukan seorang pria selama seminggu selain duduk di meja kerja. Rata-rata seorang pria menghabiskan 13 jam duduk sehari sehingga perlu adanya perubahan kebiasaan lebih sehat.

Seorang pria akan lebih produktif di tempat kerja apabila mengubah posisinya setiap 20 menit. Itu sebabnya, melakukan beberapa gerakan sederhana bisa membantu menjaga stamina. Hal ini tak hanya membantu seorang pria mendapatkan inti latihan penting, tetapi juga membuat detak jantung meningkat tanpa meninggalkan bilik kerja.

Atur waktu setiap 20 menit untuk berdiri dan melakukan beberapa gerakan di bawah ini hingga menjadi kebiasaan dan tak lagi memerlukan pengatur waktu. Pastikan kaki masih bisa melakukan gerakan bebas dan tak mengganggu rekan kerja yang lain. Jika mengalami sakit pinggang, hentikan latihan.

Berikut ini gerakan dan contoh gambar ilustrasinya.

Plank Up-Downs 

Dimulai dengan high plank. Rendahkan siku kiri ke lantai dan ikuti dengan siku kanan hingga berat tubuh bertumpu pada siku dan lengan bawah. Kemudian luruskan lengan dan letakkan kedua tangan untuk menguatkan siku. Lakukan berulang. Jika terlalu banyak tekanan terhadap pinggang, rendahkan lutut.

Mountain Climbers 

Dalam posisi push-up, tekuk satu lutut dan kaki ke dada, sementara kaki lainnya menahan tubuh. Tahan selama 30 detik. Seperti plank, jaga tubuh bagian atas tetap stabil. Istirahat 30 detik. Ulangi sebanyak 4 set.

Hip Circles 

Letakkan tangan di pinggang dengan kaki direntangkan sejajar bahu. Putar panggul bergerak perlahan 10 kali se arah jarum jam, kemudian berganti melawan arah jarum jam. Lakukan dua set.

Torso Rotation 

Berdiri dengan kaki dilebarkan sejajar bahu. Ayunkan lengan dan tubuh ke kanan, putar kaki ke arah kiri. Kembali ke posisi semula, kemudian ayunkan tubuh dan lengan ke kiri sambil memutarkan kaki ke kanan. Gambar di atas hanyalah ilustrasi gerakannya, di kantor bisa menggunakan tiang dengan tumpuan kaki dan gerakan badan seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Swiss Ball Sit

Lakukan di atas swiss ball dan pastikan kaki bertumpu di lantai dengan baik. Atur tubuh dan pastikan untuk duduk di tengah bola dengan tegak. Di beberapa kantor perusahaan yang bergerang di industry kreatif di Jakarta, disediakan swiss ball, bean bag, atau sofa yang bisa digunakan untuk bekerja sambil melakukan olahraga sederhana ini.

Squats 

 Berdiri dengan kaki direntangkan sejajar bahu. Rendahkan kedua paha, jaga lutut tetap di atas posisi kaki. Berat tubuh ditumpukan di tumit dan sebaiknya bisa menggerakkan telapak kaki. Angkat tubuh kembali tegak. Lakukan 3 set dengan 12 kali pengulangan, istirahat 30 detik setiap set.

Meminum Proman Energesis untuk menemani kerja sambil melakukan gerakan-gerakan di atas merupakan langkah yang sangat bijak, mengingat multiginseng dan mulitivitamin yang terkandung di dalamnya dapat memberikan tenaga extra lama untuk tubuh.

Apa yang pembaca Proman5 Jam lakukan untuk tetap bisa menjaga kebugaran tubuh di kantor, tanpa perlu susah payah ke gym? Silakan berbagi di kolom komentar.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *