7 Tips Menjaga Kondisi Mental Bagi Atlet dan Profesional

Published On February 12, 2018 | By Proman5Jam | Adventure, Editor's Picks, Health, Sports

Bagi seorang pelatih dan atlet, menjaga kondisi mental sangat penting agar pertandingan berlangsung dengan baik. Beberapa di antara mereka, menang itu bukan sekadar soal menjadi juara, tetapi menjaga fisik dan psikis tetap stabil sebelum dan setelah berlomba.

Di bawah ini, 7 tips menjaga mental dengan baik yang tak hanya bagus diterapkan oleh para atlet, tetapi juga para pembaca Proman5Jam untuk tetap memiliki daya juang.

1- Menjauh dari Zona Nyaman 

Memaksa dan mendorong diri sendiri keluar dari zona nyaman tidak hanya akan meningkatkan kebugaran, tapi juga kepercayaan diri seseorang, termasuk atlet pemula atau profesional. Bangkit dari tempat tidur di akhir pekan terasa berat? Bila mengingat sebuah perlombaan yang akan dijalani, akan dapat membuat seseorang bisa mengembangkan potensinya dan menjadi lebih percaya diri untuk berkata, “Saya bisa!”

2- Memulai Sendiri

Akar ketangguhan mental terletak pada motivasi yang berasal dari diri sendiri. Bersedia untuk mendorong diri memulai dan tidak hanya mengandalkan orang lain untuk memberi dorongan.

3- Kendalikan Emosi 

Jika kemarahan mulai menguasa di dalam atau di luar lapangan, seorang atlet harus meluangkan waktu untuk menenangkan diri dan menyalurkan emosi itu dengan baik. Dengan segala cara, salurkan emosi itu dalam bentuk serangan dalam latihan dan pertandingan, tapi pastikan tidak menyalurkannya ke dalam permainan yang buruk dan tidak menjadi hal yang tidak diinginkan semua atlet. Hal ini bisa menjadi pelajaran saat harus menentukan sikap dalam bertindak pada situasi yang memanas.

4- Selalu Belajar dari Pengalaman

Dalam cabang olahraga mana pun, kesalahan adalah bagian dari kehidupan. Setiap atlet maupun pelatih selalu berjuang untuk melakukan permainan yang sempurna, tapi nyatanya kesalahan terkecil pun selalu bisa terbukti menjadi pelajaran yang sangat mahal. Penting untuk selalu melihat kesalahan sebagai pelajaran, pengalaman belajar. Akhirnya, sebuah kata bijak pun bisa menjadi patokan bagi siapa pun: “Bila Anda membuat kesalahan hanya ada tiga hal yang harus Anda lakukan: akuilah, belajarlah darinya, dan jangan mengulanginya.”

5 – Menemukan Zona Sendiri 

Sebelum pertandingan atau rapat penting, menjadi sebuah keharusan untuk memahami keadaan dan kondisi dengan benar sehingga seorang atlet atau karyawan siap menghadapi saat dengan tekanan tinggi tersebut. ‘Zona’ berbeda untuk semua orang. Pada sebagian orang, inilah saat untuk melakukan relaksasi dan pemikiran yang jernih. Menenangkan diri. Bagi sebagian yang lain, memberi fokus yang tajam terhadap tubuh, pikiran, dan jiwa sangatlah dibutuhkan.

6- Rendah Hati

Olahraga bila dilakukan dengan benar akan menjadikan seorang olahragawan lebih rendah hati dalam kemenangan dan murah hati dalam kekalahan. Hal ini yang dilakukan banyak atlet tingkat dunia. Untuk seorang profesional, jika presentasi diterima klien, rayakan kemenangan itu. Jika ditolak klien, jadikan pelajaran untuk lebih baik dalam pitching berikutnya.

7- Visualisasikan 

Bayangkan apa yang ingin dilakukan dalam permainan dan bagaimana cara untuk mencapainya. Kemudian bekerja keras dengan rekan satu tim dan nikmati setiap saatnya dalam sesi latihan atau pertandingan yang dilakukan. Hal ini bisa diterapkan pula saat masuk ke dalam suasana genting di kantor.

Bagaimana dengan pembaca Proman5Jam? Apa yang Anda lakukan saat berlatih, ketika bertanding, dan setelah pertandingan selesai? Bagikan pengalaman dan tip terbaik Anda bersama pembaca lain di kolom komentar. Jangan lupa Proman Energenesis sebagai teman saat Anda berolahraga dan bekerja.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *