9 Cara Sederhana Untuk Menghilangkan Stres

Published On October 2, 2017 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Health, Knowledge
Stres akan membuat semua orang menderita. Tubuh menjadi sakit, pikiran tidak karuan, mudah cemas, dan semua jadwal pekerjaan berantakan. Apalagi bagi pria yang memiliki tekanan tinggi dalam pekerjaannya.
Apa yang harus dilakukan? Banyak. Namun ternyata tak banyak orang pula melakukannya dan semakin tenggelam dalam stresnya.
Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan seorang pria agar bisa lebih santai dan penat berkurang, sehingga pikiran dan tubuh kembali segar.
Katakan Diri Sendiri Tenang (Meski Jika Tidak Sekalipun)
Manusia setidaknya memiliki 60,000 pikiran setiap hari. Hal ini penting karena pikiran [ak1] memiliki kekuatan mengontrol tubuh. Katakan pada tubuh seperti, “Saya tenang.” Atau, “Saya dalam kontrol yang baik.” Ulangi dengan bernapas perlahan. Afirmasi positif ini akan menginterupsi respon stres sehingga bisa memperlambat produksi hormon stres.
Jalan-jalan Tanpa Alas Kaki
Lakukan sebuah hubungan dengan alam, dengan lingkungan, bahkan dengan hewan yang dapat meningkatkan mood[ak2] . Warna, suara, dan udara segar dapat menstimulasi rasa. Gerakan tubuh dapat memproduksi hormon endorfin yang bisa melawan stres. Untuk menstimulasinya, berjalan tanpa alas kaki keluar ruangan. Kaki manusia memiliki lebih dari 7,000 ujung syaraf.
Ambil Langkah Kecil Untuk Menyelesaikan Masalah
Ketika seorang pria merasa stres, kecenderungannya adalah menyingkirkan masalah dan menunggu atau menunda sampai merasa punya waktu untuk mengatasinya atau memiliki solusi. Padahal, ketika hormon stres berlama-lama didiamkan, stres akan menjadi kronis dan mempercepat keausan otak dan tubuh.
Daripada menunda, lakukan sesuatu yang tidak berhubungan dengan stres seperti jalan-jalan. Menggunakan energi stres untuk memobilisasi tindakan positif bisa membersihkan ketegangan pada fisik dan mental yang menjebak seorang pria.
Latihan Bernapas
Saat seorang pria mengalami gangguan, detak jantung akan meningkat, atau tekanan darah meningkat. Lakukan menghirup (perut harus tumbuh) sambil menghitung 1-2-3-4, lalu menghembuskan napas (perut harus berkontraksi) menghitung 1-2-3-4. Mengapa? Karena saat seseorang mulai bernafas dalam-dalam, maka dia menyela, memperlambat, atau menghentikan respons stres.
Temukan Hal-hal Lucu
Ternyata menurut penelitian, tertawa dapat meningkatkan diameter arteri seseorang sebesar 22 persen dan stres kronis mengurangi diameter arteri sebesar 35 persen. Tertawalah, maka akan menstabilkan hormon stres dan meningkatkan endorfin positif. Semakin seorang pria memperhatikan apa yang lucu, menyenangkan, dan konyol tentang kehidupan, semakin kuat fleksibilitas kognitif dan kreativitas saat seseorang harus tahan menghadapi stres pada hari ini.
Simpan Botol Aromaterapi Lavender
Pria, sama seperti wanita, membutuhkan aroma tertentu untuk membuatnya lebih rileks. Setelah menghirup aroma minyak lavender, secara signifikan menurunkan tekanan darah dan tingkat detak jantung seseorang. Bahkan dari hasil penelitian, yang menghirup aroma minyak lavender melaporkan perasaan lebih aktif dan rileks daripada orang-orang yang menghirup minyak almond manis.
Fidget Spinner
Benda ini dibuat untuk anak-anak dengan ADHD dan orang dewasa dengan gangguan kecemasan. Hal ini baik bagi para mereka yang membutuhkan sesuatu untuk mengalihan pikiran yang berantakan dan ingin meredakan stres.
Berterima Kasih Kepada Seseorang
Rasa syukur akan memicu perubahan dalam diri seseorang. Menjadi lebih lega dan tenang, hingga perasaan nyaman dan akhirnya senyum seseorang bisa membuat stres berkurang drastis.
Berolahraga
Siapapun yang berolahraga mengetahui kekuatan menenangkan dari sesi HIIT[ak4] (High Intensity Interval Training) yang solid. Ini adalah hubungan sebab dan akibat. Mengoptimalkan sirkulasi darah akan meningkatkan bahan kimia otak positif yang membantu membilas hormon stres beracun keluar dari tubuh. Tidak punya waktu? Berjalan menaiki atau menuruni tangga, berkeliling kantor, dan parkirlah kendaraan agak jauh dari kantor agar bisa berkeringat menuju ruangan kerja.[ak5] Lakukan ini setelah minum Proman Energenesis agar khasiat multi ginsengnya terasa saat melakukannya.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *