Atlet Ikonik Dalam Sejarah Olahraga

Published On February 20, 2017 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Sports

 

Banyak cabang olahraga di dunia ini yang memiliki atlet legendaris sekaligus ikoniknya, yaitu atlet yang melambangkan atau mewakili cabang olahraga tertentu karena kepopulerannya. Saking banyaknya, jika disortir lagi, akan mendapatkan beberapa nama terbaik yang meraih prestasi gemilang .

Di bawah ini, sedikit dari nama-nama melegenda di bidang olahraga populer seluruh dunia. Sebagai pria bertenaga extra lama yang aktif dan peduli pada bidang olahraga, adakah di antara nama-nama ini yang dikagumi?

MUHAMMAD ALI (Tinju) Ali

Siapa tak kenal petinju yang memulai sejarahnya saat mengalahkan sang juara bertahan Sonny Liston di tahun 1964 dalam usia 22 tahun? Ali sangat mendominasi tinju kelas berat yang sangat kompetitif. Ia pernah ditolak masuk US Army namun menunjukkan prestasinya menjadi juara dunia tiga kali sebelum akhirnya menggantungkan sarung tinjunya. Petinju yang bernama asli Cassius Marcellus Clay Jr. ini mendapatkan julukan “The Greatest”, dan kerap terlibat dalam pertarungan-pertarungan bersejarah, seperti the “Fight of the Century”, Super Fight II”, the “Thrilla in Manila” melawan Joe Frazier, dan “The Rumble in the Jungle” melawan George Foreman.

Muhammad Ali pensiun dari dunia tinju pada tahun 1981, dan sayangnya, pada tahun 1984 ia didiagnosa dengan penyakit sindrom Parkinson.

MICHAEL PHELPS (Renang) Phelps

Meraih 23 medali emas, 3 perak, dan dua perunggu membuat Phelps sangat diperhitungkan di dunia Olimpiade. Dikenal sebagai “Flying Fish”, Phelps telah berpartisipasi dalam tiga kali penyelenggaraan Olimpiade.

Perenang asal Maryland, Amerika Serikat yang berusia 31 tahun ini memulai karirnya di the 2000 Summer Olympics tahun 2000, saat itu usia Phelp masih 15 tahun dan ia tercatat sebagai peserta Olympics termuda sejak 68 tahun sebelumnya.

Pada tahun 2001, Phelps memecahkan rekor sebagai juara dunia termuda pada kelas 200 meter gaya kupu-kupu di 2001 World Aquatics Championship di usia 15 tahun 9 bulan.

Sampai dengan saat ini, Phelps telah memegang 39 rekor dunia yang dibagi menjadi 29 rekor individual, dan 10 rekor relay.

USAIN BOLT (Lari Jarak Pendek) Bolt

Atlet Olimpiade terbaik era modern ini adalah Bolt, yang telah meraih 9 medali emas di nomor lari jarak pendek, olahraga tertua di sejarah Olimpiade. Di banyak kejuaraan dunia pun, namanya sangat diperhitungkan.

Bolt memulai karirnya pada tahun 2001 saat mewakili Jamaika di perhelatan regional Karibia di 2001 CARIFTA Games. Meraih medali perak di angka di 48,28 detik pada kelas 400 meter, dan juga medali perak di angka 21,81 detik pada kelas 200 meter.

Sampai dengan saat ini, pelari asal Jamaika berusia 30 tahun ini mencatat rekor lari tercepat, yaitu 9,58 detik pada kelas 100 meter.

ROGER FEDERER (Tenis) Federer

Menoreh sejarah memenangi 17 grand slam membuatnya menjadi legenda di awal millennium 2000 ini. Prestasi ini membuatnya mendulang penghasilan lebih dari $100 juta dalam bentuk uang, di luar bonus lainnya. Persaingannya dengan Rafael Nadal dikenang dalam final Wimbledon tahun 2008 sebagai olahraga tenis individu terbaik sepanjang masa.

MICHAEL SCHUMACHER (Formula 1) Schumi

Salah satu olahraga paling maut ini memiliki banyak legenda. Salah satu yang paling diingat adalah Schumy, pebalap dari Jerman yang sudah mengantongi kemenangan tujuh kali juara dunia baik bersama Benetton maupun Ferrari. Saat ini Schumy masih menjalani perawatan di rumahnya pasca kecelakaan ski.

Jika tak ada pada daftar di atas, siapakah atlet yang pantas menjadi ikon olahraga menurut pembaca Proman5Jam? Silakan tinggalkan komen di bawah ini.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

One Response to Atlet Ikonik Dalam Sejarah Olahraga

  1. ULuQ says:

    Muhammad Ali ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *