Band Asal Indonesia Yang Juga Sukses Manggung Di Luar Negeri

Published On November 16, 2018 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Music

Industri musik indonesia sudah mulai berkembang pesat dan banyak band tanah air yang sudah bisa kita banggakan. Sampai-sampai di antara mereka juga ada  yang merambat ke luar negeri. Kira-kira siapa aja yah? Di artikel ini, Proman bakal kasih tahu lo beberapa band Indonesia yang juga sukses di luar negeri!

  1. The S.I.G.I.T 

Terbentuk pada tahun 2002, The S.I.G.I.T band yang berasal dari Bandung mengawali perjalanan mereka bermain musik di sebuah garasi setiap minggu dan mulai membangun sebuah fanbase yang akhirnya mereka mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan label rekaman lokal bernama FFWD (Fast Forward).  

Album pertama mereka, berjudul Visible Idea of Perfection yang dirilis pada tahun 2007 langsung menjadi sukses. Mendapatkan respon positif dari para fansnya dan juga mendapatkan perhatian dari publikasi Australia. Ini yang mengawali mereka untuk bisa melakukan tur internasional seperti menjadi wakil Indonesia di acara festival SXSW  tahun 2009 yang berada di Texas dan juga melakukan tur konser di beberapa kota di Australia pada tahun 2007.

2. Superman Is Dead 

Superman is Dead atau SID, band yang berasal dari Kuta, Bali. Dibentuk pada tahun 1995. Mereka dikenal sebagai band punk rock yang paling sukses dari indonesia. Memulai perjalanan mereka sebagai band cover (memainkan lagu dari band rock seperti Green Day) yang akhirnya menulis lagu dan memproduksi 3 album awal mereka sendiri, di mana jerih payahnya terbayar dengan mendapatkan kontrak dari salah satu label musik terbesar di indonesia, yaitu Sony-BMG Indonesia pada tahun 2003.

Dikarenakan sebelumnya SID merupakan band indie banyak fans yang kecewa dengan keputusan mereka untuk bergabung dengan sebuah label, tetapi setelah keluarnya album komersil pertama mereka yang berjudul Kuta Rock City pada tahun 2007, mendapatkan respon yang sangat positif. Nama SID menjadi terkenal di kalangan publik dan tak hanya di komunitas punk.

Pada saat album komersil keempat mereka keluar di tahun 2009 yang berjudul Angels and The Outsiders, SID mulai bermain konser di luar negeri seperti melakukan tur konser 16 kota Amerika yang dibagi dari 11 konser acara musik Van’s Warped Tour dan 5 konser buatan sendiri yang dinamakan From Bali With Rock walaupun sebelumnya album mereka tak pernah keluar di sana.

3. Mocca 

Sama seperti The S.I.G.I.T, Mocca juga merupakan band asal Bandung, tetapi mereka lebih fokus kepada genre seperti Jazz, Pop, Swing dan Bossanova. Mereka mengawali perjalanan mereka dengan kuat. Bergabung di label lokal FFWD (Fast Forward) lalu mengeluarkan album pertama mereka pada tahun 2002 yang berjudul, My Diary.

Kesuksesan album itu membuat Mocca cepat terkenal. Tak hanya memenangkan banyak penghargaan di Indonesia, tetapi juga mendapatkan popularitas dengan negara Asia tenggara lainnya seperti Jepang, Singapura dan Thailand di mana mereka diminta secara personal untuk menggelar konser di sana. Mocca juga pernah berkolaborasi dengan band pop Swedia yang bernama Club 8. Lagu-lagu mereka juga dimasukan sebagai soundtrack untuk film-film Korea Selatan.

4. Kotak 

Kotak merupakan band bergenre rock yang dibentuk pada tahun 2004 melalui acara kompetisi Dream Band  yang dulunya disiarkan di TV7 (Sekarang menjadi Trans 7) di mana mereka keluar sebagai juara. Band Kotak sekarang sudah tidak seperti yang dulu lagi di mana hampir semua personil aslinya sudah keluar tetapi formasi band yang sekarang justru berhasil dapat kesuksesan

Ketika keluarnya album kedua mereka yang berjudul Kotak Kedua, album tersebut mendapatkan respon positif dan memenangkan banyak penghargaan, lalu Kotak juga berkesempatan untuk membuat versi baru lagu Simple Plan yang berjudul Jet Lag proyek ini merupakan kolaborasi antara mereka berdua.

Setelah suksesnya bermain di festival musik Soundrenaline pada tahun 2012. Mereka mendapatkan hadiah untuk melakukan konser di beberapa kota besar Amerika seperti Washington, New York dan Los Angeles di mana mereka juga berkesempatan untuk membuat sebuah musik video.

Kira-kira lo ada yang tahu lagi nggak band Indonesia yang juga pernah manggung di luar negeri? Kasih jawaban lo di kolom bawah yah dan jangan lupa ketika mau nonton konser bawa juga Proman Energenesis biar tetap semangat dan memilki tenaga extra lama.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *