Buku-buku yang Wajib Dibaca oleh Para Pria

Published On October 19, 2014 | By Proman5Jam | Knowledge

Ada pepatah yang mengatakan “buku adalah jendela dunia”, artinya dengan membaca buku, pengetahuan dan wawasan seseorang mengenai dunia, entah itu nyata atau fantasi, akan semakin bertambah. Suatu saat nanti, bukan enggak mungkin seseorang yang punya hobi membaca buku akan menjadi ilmuwan yang luar biasa jenius atau sutradara yang sangat imajinatif. Lihat saja Albert Einstein dan Steven Spielberg.

Dari begitu banyak buku yang pernah ditulis, diterbitkan dan dijual di toko buku serta Amazon.com, ada lima buku yang wajib dibaca oleh para pria penggembar buku.

1. Watcha Gonna Do with That Duck?: And Other Provocations, 2006 – 2012
Buku self-improvement ini ditulis oleh seorang blogger yang lumayan terkenal bernama Seth Godin. Yang membuat buku ini masuk ke dalam daftar buku yang wajib dibaca adalah karena buku ini berbeda dari kebanyakan buku self-improvement yang menggunakan kalimat yang baku dan kaku. Di buku ini, Godin mengajak pembacanya untuk, tentu saja, memperbaiki diri.

Dengan penulisan yang jujur dan blak-blakan, namun sangat inspiratif, Godin membuat pembaca memikirkan begitu banyak pertanyaan mengenai diri sendiri, yang mungkin enggak pernah terpikirkan sebelumnya. Hasilnya? Sebuah perspektif segar dan dinamis, lengkap dengan peluang baru dan berani.

Siapa pun yang membutuhkan seorang teman yang bisa memahami, seorang bos yang mendorong karyawannya untuk keluar dari zona nyaman, atau seorang guru yang akan memberi nasehat tentang apa yang harus dipertahankan atau ditinggalkan, enggak perlu repot mencari semuanya. Semuanya ada di buku ini.

2. The Great Gatsby
Di Amerika, tahun 1920-an dikenal sebagai era paling gemerlap. Semuanya enggak jauh dari yang namanya perempuan cantik, mobil mewah, industri film, musik jazz, selebriti, mafia dan pesta. Kehidupan yang serba ‘wah’ itu tertulis secara detail di novel The Great Gatsby. F. Scott Fitzgerald adalah otak di balik kisah perselingkuhan antara Jay Gatsby dengan Daisy Buchanan.

Kisah Jay Gatsby sebagai seorang miliarder misterius dinarasikan oleh Nick Carraway, seorang pendatang baru di New York yang kebetulan menjadi tetangga Gatsby. Awalnya, ia terlahir miskin, tetapi kemudian berhasil meraih kesuksesan dan status sosial yang tinggi. Kerja kerasnya sendiri dilatarbelakangi oleh kegagalannya untuk menikahi kekasihnya saat masih muda, yaitu Daisy. Sementara Daisy dijodohkan dengan Tom Buchanan yang kaya raya.

Setelah berhasil menjadi orang yang kaya dan sukses, Gatsby membeli rumah mewah di West Egg, yang lokasinya berdekatan dengan rumah Tom dan Daisy. Hampir setiap malam, Gatsby mengadakan pesta besar-besaran, dengan harapan Daisy akan datang, dan mereka bisa bersatu kembali.

3. Sokola Rimba
Sokola Rimba bercerita tentang perjuangan Butet Manurung, seorang sarjana dan master Antropologi yang mendedikasikan dirinya untuk memberi pendidikan kepada Orang Rimba yang hidup di hutan. Orang Rimba merupakan sebutan bagi suku yang tinggal di Taman Nasional Bukit Dua Belas, Jambi.

Kisah petualangan, perjuangan dan juga pengabdian Butet terhadap lingkungan disajikan secara nyata, hidup dan apa adanya. Butet enggak lupa menceritakan bagaimana tawaran pendidikan gratisnya ditolak mentah-mentah

Melalui buku Sokola Rimba, Butet enggak cuma menceritakan keberhasilannya dalam mendidik penduduk Rimba, tapi sebaliknya ia juga mendapat pelajaran serta pengalaman tentang budaya, perilaku, kehidupan sehari-hari, dan cara pandang mereka sebagai orang Rimba.

4. The Rape of Nanking
Seperti judulnya yang terdengar sadis, Irish Chang: The Rape of Nanking merupakan buku sejarah yang mendokumentasikan penjajahan dan kekejaman bangsa Jepang terhadap bangsa Cina. Penderitaan rakyat Cina dimulai pada 13 Desember 1937, dimana saat itu Nanking jatuh ke tangan pasukan tentara Jepang. Setelah itu, dalam sekejap Nanking berubah menjadi neraka pembantaian.

Hanya dalam hitungan hari, ada lebih dari 300.000 warga sipil dan tentara Cina yang disiksa, diperkosa dan dibunuh. Namun, fakta tersebut jarang sekali diungkit-ungkit oleh para sejarawan. Bahkan pemerintah Jepang sendiri menutup-nutupi peristiwa sadis tersebut dari rakyatnya sendiri dan juga dunia.

Irish Chang menulis buku ini dalam tiga sudut pandang yang berbeda, yaitu para tentara Jepang, orang-orang Cina dan beberapa orang Barat yang mendirikan zona aman di Nanking. Tujuannya menulis buku ini adalah untuk memberitahu dosa besar Jepang atas kemanusiaan.

5. Hamlet
Hamlet adalah karya terpanjang William Shakespeare yang berhasil mempengaruhi dunia sastra. Saking melegendanya, buku ini masih terus dibaca dan diadaptasi ulang oleh para pecinta sastra. Bahkan, karya ini telah menginspirasi penulis-penulis ternama, mulai dari Goethe dan Dickens, sampai Joyce dan Murdoch.

Hamlet bercerita tentang Pangeran Hamlet yang dendam kepada pamannya yang bernama Claudius. Claudius telah membunuh Raja Hamlet yang juga merupakan saudara laki-laki Claudius dan juga ayah dari Pangeran Hamlet. Drama dan konflik enggak berhenti sampai di situ saja. Karena setelah berhasil naik tahta, Pangeran Hamlet kemudian menikah dengan Gertrude, janda mendiang Raja Hamlet sekaligus ibu dari Pangeran Hamlet.

Singkatnya, Hamlet menggambarkan beragam kegilaan, kesedihan, serta kemurkaan manusia. William Shakespeare juga menggali tema pengkhianatan, balas dendam, hubungan inses, moral yang rusak dan kehancuran keluarga. Semakin tragis, semakin menarik untuk dibaca, kan?

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

One Response to Buku-buku yang Wajib Dibaca oleh Para Pria

  1. Uluq Taj says:

    pernah baca Hamlet tp gak sampe selesai, pengen baca yg Sokola Rimba, hasil karya anak bangsa ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *