Camping Bukan Sekadar Membawa Tenda

Published On August 21, 2017 | By Proman5Jam | Adventure, Editor's Picks

Pernah mendengar rekan kerja atau teman di komunitas motor atau mobil bercerita tentang pengalaman camping seru mereka, tetapi rasanya meragukan. Apakah benar seru? Mungkin terdengar skeptis karena belum pernah merasakan sensasi tidur di luar ruangan ditemani aneka serangga. Barangkali bingung mengapa harus mengeluarkan banyak uang untuk hidup seperti homeless. Benarkah menyenangkan?

Ketahuilah bahwa camping atau car camping, artinya ketika seseorang berkendara ke sebuah lokasi camp, menurunkan semua peralatan dan mengatur lokasi untuk waktu yang telah ditentukan sebagai tempat beraktivitas. Di lokasi camping tersebut, seseorang (atau bisa beramai-ramai) melakukan hiking, trekking, memancing, atau sekadar beristirahat dari kepenatan rutinitas.
Camping selalu tentang tujuan dan orang-orang yang diajak untuk menikmati petualangan baru. Berikut ini hal-hal yang harus disiapkan bagi para pemula.

Tentukan Lokasi 

Melakukan riset kecil sebelum pergi camping. Apakah membutuhkan reservasi? Beberapa lokasi populer memiliki fasilitas pemesanan online. Banyak tempat camping sudah menyiapkan fasilitas lengkap, termasuk makanan, tempat mandi, dan izin menyalakan api unggun. Jika ingin mencoba alam liar tanpa panduan, pastikan membawa semua perlengkapan dengan persiapan matang.
Tipe tujuan seperti apa yang diinginkan? Pantai atau gunung? Apakah tempatnya aman untuk bermain perahu kano, berenang, dan surfing?
Pastikan lokasi camping aman dari kemungkinan didatangi tamu-tamu alam seperti beruang, rubah, atau hewan buas dan liar lainnya.
Pasang tenda berwarna mencolok serta tanamkan tiang tinggi dan sematkan bendera atau balon berwarna terang. Jika hendak pergi menjauh dari tenda dan mulai merasa tersesat ke jalan pulang, melihat tanda tenda dari kejauhan tentunya melegakan.

Apa yang Harus Dibawa 

Menyewa tenda dan kantong tidur mungkin diperlukan apabila seseorang baru pertama kali melakukan camping dan tak memiliki perlengkapan sama sekali. Tanyakan pada tempat penyewaan alat camping, apa saja yang bisa dipinjam. Jelaskan lokasi camping agar petugas rental bisa membantu memberi pilihan dan tip triknya.
Pastikan untuk mencoba semua perlengkapan sebelum dibawa pergi. Cek semua baterai dan alat listrik yang akan dibawa seperti kompor, senter, dan headlamp. Periksa ulang persediaan sabun, bensin, plastik sampah, dan kertas toilet.

Tidur Nyaman Selama Camping 

Bila pergi bersama dua orang teman, bawalah tenda untuk tiga orang. Pergi bersama tiga orang, pastikan tenda yang dibawa adalah kapasitas empat orang. Tempat tambahan dalam tenda bisa digunakan untuk mengganti pakaian tanpa harus mengganggu orang lain.
Letakkan matras yang nyaman di dasar tenda sebelum menaruh kantong tidur. Sleeping pad diletakkan setelah matras. Jangan lupa membawa bantal, terutama bila camping bersama anak-anak. Keset ditaruh di depan tenda, sehingga ketika masuk ke dalam tenda, kaki sudah bersih. Untuk hiking atau trekking sangat dianjurkan untuk membawa dan mengonsumsi Proman Energenesis. Kandungan multiginseng dan vitaminnya sangat baik untuk memberikan tenaga extra lama.

Bagaimana dengan pembaca Proman5Jam? Bagikan pengalaman Anda ketika ikut camping pertama kali bersama keluarga atau teman di kolom komentar.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *