Cara Berinternet Aman Ketika Menggunakan Wi-Fi Gratis

Published On August 13, 2018 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Gadget

Wi-fi gratisan adalah salah satu hal yang paling dicari di zaman sekarang. Ketika hendak bekerja dari tempat umum seperti bandara, perpustakaan, atau kedai kopi, pasti kita akan mencari wi-fi gratis untuk mengurangi penggunaan data di smartphone. Meski demikian, ada hal-hal yang harus diketahui agar data pribadi lo juga tetap terlindungi ketika berselancar di internet lewat wi-fi publik yang unsecured.

 

  1. Hindari kegiatan dengan data pribadi 

Ketika menggunakan public wi-fi, mungkin lo bisa mencari bahan tulisan, inspirasi foto/video lewat media sosial, atau membaca artikel berita, tapi hindari kegiatan yang melibatkan data pribadi seperti aktivitas perbankan, misalnya.

 

  1. Gunakan jaringan wi-fi “semi-open” dan matikan wi-fi di gadget ketika tidak digunakan

Ketimbang jaringan wi-fi yang terbuka, sebaiknya cari wi-fi yang memerlukan password untuk menggunakannya. Satu kebiasaan lain yang perlu dilakukan untuk keamanan adalah mematikan wi-fi di gawai saat sudah tidak memerlukannya. Selain untuk mencegah gawai terkoneksi otomatis dengan wi-fi, hal ini juga bisa menghemat baterai. Agar tetap produktif, unduh attachment yang diperlukan untuk bekerja, gunakan layanan cloud secara offline, dan mengunduh film/playlist favorit untuk diputar tanpa memerlukan akses internet.

 

  1. Matikan fitur file sharing 

Saat menggunakan laptop dengan wi-fi yang belum terjamin keamanannya, hal lain yang bisa dilakukan adalah mematikan fitur file sharing dan mengaktifkan fitur firewall.

 

  1. Gunakan antivirus dan antimalware 

Apa pun jenis operating system yang lo gunakan, jika lo sering menggunakan public wi-fi, ada baiknya untuk memiliki aplikasi antivirus dan antimalware untuk mencegah malware ad yang bisa muncul ketika menggunakan akses internet.

 

  1. Gunakan browser extension yang melindungi privasi

Selain antivirus dan antimalware, browser extension seperti ad blocker atau pop-up blocker yang bisa melindungi berbagai ancaman seperti session hijacking atau clickjacking.

 

  1. Gunakan HTTPS sebisa mungkin di mana pun 

Dengan menggunakan koneksi HTTPS, informasi yang dikirimkan maupun sebaliknya akan terenkripsi sehingga orang lain yang ‘mengintip’ koneksi internet kita tidak akan mendapatkan data-data sensitif.

 

  1. Gunakan VPN

Salah satu cara terbaik untuk menghindari pencurian data dari koneksi internet publik adalah menggunakan VPN alias Virtual Private Network untuk melindungi informasi pribadi seperti IP address ketika menggunakan koneksi Internet.

 

  1. Bawa wi-fi sendiri 

Jika memungkinkan, jangan gunakan public wi-fi, tapi gunakan kuota internet di smartphone lo melalui tethering atau beli mi-fi yang bisa dibawa ke mana-mana.

 

Setelah membaca cara-cara di atas, semoga lo bisa berinternet dengan lebih aman ya, Man.

 

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *