Cerita Di Balik Lagu Resmi Piala Dunia

Published On May 12, 2014 | By Proman5Jam | Sports

Selain punya bola resmi dengan nama-nama yang unik, Piala Dunia ternyata juga punya original soundtrack (OST) dari setiap perhelatan akbar empat tahunan tersebut.

Walaupun enggak dimulai dari tahun 1930 kaya penamaan bola resmi, Piala Dunia juga punya yang namanya original soundtrack (OST)/World Cup Anthem alias lagu resmi. Lagu tersebut memang sengaja diciptakan buat menyemarakan dan memriahkan setiap perhelatan Piala Dunia. Piala Dunia pertama yang memakai lagu resmi adalah Piala Dunia 1986 di Mexico berjudul “Special Kind of Hero” yang dinyanyikan oleh artis terkenal saat itu Stephanie Lawrence.

Selanjutnya, pada Piala Dunia 1990 di Italia penyanyi Edoardo Bennato dan Gianni Nannini didaulat untuk menyayikan lagi resmi Piala Dunia saat itu yang berjudul “Un Estate Italian.” Hal berbeda disajikan dalam Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. FIFA tidak membuat lagu sendiri seperti yang dilakukan sebelumnya, lagu lawas milik Queen berjudul “We Are The Champion” dipilih sebagai lagu resmi. Walaupun ada pula lagi resmi lain yang diciptakan Daryl Hall berjudul “Gloryland.”

Lagu resmi Piala Dunia 1998 di Prancis ini punya cerita sendiri, “La Copa De La Vida” yang dibawakan oleh Ricky Martin selain menjadi lagu resmi Piala Dunia juga memperoleh penghargaan pop song of the year 1999 dan sempat nyantol di urutan pertama Billboard Hot Latin. tahun 2002 giliran benua Asia yang menjadi tuan rumah di Piala Dunia di Jepang dan Korea Selatan, lagu resmi yang dipakai dinyanyikan oleh penyanyi pop Amerika Anastacia berjudul “Boom.” Bahkan dalam satu album lagu resmi tersebut grup band asal Indonesia, Padi juga masuk dalam urutan dengan lagu “Work of Heaven.”

Piala Dunia 2006 yang dihelat di Jerman, seorang Herbert Gronemeyer tampil untuk menyanyikan lagu resmi Piala Dunia 2006 berjudul “Celebrate the Day”, dan Il Divo pun kebagian untuk menyanyikan lagu resmi lainnya berjudul “The Time of Our Lives.” Tetapi, banyak orang yang menganggap lagu resmi Piala Dunia 2010 adalah lagu yang enerjik. “Waka-waka (This Time For Afrika)” dinyanyikan dan diciptakan oleh Shakira dan John Hill. Nah, pada tahun ini lagu resmi Piala Dunia 2014 di Brasil akan dinyanyikan oleh Jennifer Lopez, Pitbull dan Claudia Leitte berjudul “We Are One (Ole Ola) yang beberapa waktu lalu dirilis oleh FIFA di Rio de Janiero.

The Official Song of the World Cup Brasil 2014

The Official Song of the World Cup South Africa 2010

The Official Song of the World Cup Germany 2006

The Official Song of the World Cup Korea Japan 2002

The Official Song of the World Cup France 1998

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *