Deklarasi Pesona Pria dalam Balutan Jas

Published On November 25, 2014 | By Proman5Jam | Fashion

Wanita mana yang enggak akan terpana melihat seorang pria dalam balutan tuksedo klasik? Tunggu momen yang tepat kemudian tersenyumlah sambil mengangkat gelas champagne yang ada di tangan. Pasti para perempuan single, atau bahkan yang sudah menikah, akan semakin terpesona sampai salah tingkah. Sebesar itukah pengaruh jas dalam penampilan seorang pria? Buktinya, ada banyak perempuan yang tergila-gila dengan karakter James Bond dan Hannibal Lecter.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai jas, enggak ada salahnya mengenal sejarah jas. Alright, let’s carry on. Orang Inggris menyebut jas dengan nama dinner jacket atau smoking jacket, sedangkan orang Amerika lebih memilih untuk menggunakan nama tuxedo. Jadi, jas mulai muncul pada tahun 1860, tepatnya saat Henry Poole & Co. membuat setelan khusus yang dinamakan short smoking jacket untuk Pangeran Edward VII. Sang pangeran ingin terlihat berbeda dan memukau pada sebuah acara makan malam.

Enam tahun kemudian, Pangeran Edward VII menyarankan seorang jutawan Amerika bernama James Potter untuk memesan pakaian yang serupa ke Henry Poole & Co. Sejak itu, popularitas jas meningkat sedikit demi sedikit. Semuanya berkat cerita dari mulut ke mulut menyebar begitu cepat sampai ke pelosok dunia lainnya.

Sekarang saatnya untuk berbicara tentang cara memilih setelan jas yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan. Baca dan ingat beberapa kunci penting di bawah ini sebelum membeli atau membuat jas.

Choose a style
Jas double-breasted memberi siluet di bagian dada, sehingga dada akan terlihat lebih bidang dan lebar. Model ini sudah pasti cocok bagi pria yang bertubuh cukup atletis, dengan tinggi semampai dan ukuran dada yang lebar. Sementara single-breasted lebih universal untuk semua bentuk tubuh. Yang jelas, single-breasted akan menambahkan volume tubuh agar terlihat lebih tegap dan berisi.

Choose a fabric
Don’t be too stingy. Lebih baik membeli satu atau dua buah jas yang mahal daripada membeli lima jas murah. Ingat, pilih bahan yang berkualitas bagus, baik itu katun atau wol. Jas berbahan katun memang terasa lebih light, sehingga cocok untuk dipakai di segala musim, mulai dari musim panas hingga musim gugur. Tapi, bahan wol relatif lebih tahan lama, bahkan lebih dari satu tahun.

Choose the right shaped lapel
Apa itu lapel? Potongan pada bagian kerah jas. Umumnya, lapel memiliki bentuk sederhana berupa potongan segitiga yang sedikit melebar di kanan kirinya. Terdengar sepele, tapi lapel merupakan salah satu bagian penting yang akan mempengaruhi volume tubuh saat mengenakan jas. Single-breasted memiliki ukuran lapel yang kira-kira lima inci lebih kecil dari bagian terlebar. Sedangkan double-breasted memiliki ukuran lapel lebih lebar, memberikan kesan klasik dan stylish.

Choose a number
Pilih jas yang hanya memiliki satu atau dua kancing. Jangan lebih dari itu, karena tiga kancing itu sangat jadul. Jas dengan satu kancing memiliki kesan dinamis dan elegan, dengan atau tanpa dasi. Lain lagi dengan jas berkancing dua yang bernuansa klasik dan lebih formal, apalagi kalau dikenakan saat menghadiri acara award atau gala dinner.

Choose none?
Yang dinamakan vent adalah bagian dari jas yang berfungsi untuk kenyamanan fungsi gerak dan mempertegas siluet tubuh bila dilihat dari samping. Ada tiga jenis jas yang biasa dipakai, yaitu jas dengan single vent, double vent, atau none. Jas yang memiliki dua vent diciptakan untuk pria bertubuh besar supaya mudah bergerak. Sedangkan jas dengan satu atau tanpa vent cocok dipakai oleh pria bertubuh sedang atau kurus.
Setelah mendapatkan jas yang sempurna, jangan sampai lupa untuk memperhatikan elemen pelengkap lainnya. Pakai celana yang sesuai, yaitu celana bahan dengan potongan lurus, dan yang paling utama, tanpa lipatan. Perhatikan juga manset celana di bagian bawah celana. Manset celana memberi kesan berat di bagian bawah kaki, sehingga akan jauh lebih cocok bagi pria bertubuh tinggi.

Bagaimana dengan aksesoris? Coba pakai dasi kupu-kupu dengan warna senada berteksur atau bermotif menarik, jam tangan klasik dengan model yang simpel dan sabuk yang terbuat dari kulit atau rantai. Untuk urusan sepatu, sudah pasti wajib hukumnya untuk memakai oxford shoes. Sebagai tambahan, coba tambahkan pocket square dan cufflinks atau pengait lengan kemeja.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

One Response to Deklarasi Pesona Pria dalam Balutan Jas

  1. Uluq Taj says:

    pasti kalo pake jas berasa keren #Proman5Jam #TenagaExtraLama @_uluq_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *