Empat Film Klasik yang Wajib Lo Tonton

Published On September 18, 2018 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Movies

Dengan banyaknya bioskop sekarang yang dipenuhi dengan film blockbuster Hollywood tentang superheroes dan robot alien mungkin akan sedikit terasa bosan. Lo pasti juga ingin melihat yang berbeda tetapi juga entertaining. Makanya gue bikin  list film klasik yang lo wajib tonton versi Proman.

 

  1. Reservoir Dogs (1992) 

Nama Quentin Tarantino sudah tak asing lagi bagi para penggemar film. Dikenal melalui film-filmnya seperti Kill Bill, Pulp Fiction ataupun Hateful Eight. Namun Reservoir Dogs yang mengawali perjalanan sukses sutradara tersebut. Bercerita tentang sebuah perampokan yang berujung buruk. Dipenuhi dengan style Tarantino seperti dialog unik bernuansa komedi, kekerasan yang ekstrem dan soundtrack keren berisi lagu-lagu lama. Para pemerannya pun juga yang terkenal seperti Steve Buscemi dan Tim Roth.

 

Dikategorikan sebagai film indie yang mempunyai budget minim dan hanya tayang di bioskop-bioskop terbatas tetapi tetap mendapatkan sukses secara finansial dan kritikal. Membuat film ini penting untuk kemajuan industri film independen di Hollywood.

 

  1. Ferris Bueller Day Off (1986) 

Film yang dibuat sebagai surat cinta untuk Chicago oleh sutradaranya John Hughes bukanlah hanya film komedi remaja yang lucu dan menghibur tetapi juga dipenuhi dengan pesan hidup yang berarti. Ceritanya sederhana, tentang seorang Ferris Bueller diperankan oleh Matthew Broderick yang bolos sekolah dan menikmati jalan-jalan di kota Chicago bersama teman-temannya.

 

Mayoritas film ini menggunakan teknik yang disebut dengan “Breaking the Fourth Wall” di mana pemeran utama berbicara menghadap kamera seperti di film Deadpool. Film ini juga yang mempopulerkan penggunaan post credit scene yang digunakan banyak film komedi dan superhero sekarang. Jadi banyak referensi pop culture yang kita ketahui sekarang didapat dari film ini.

 

  1. The Exorcist (1973) 

Sebelum The Conjuring ada sebuah film yang bernama The Exorcist yang disutradarai oleh William Friedkin dan diadaptasi dari sebuah novel tahun 1971 oleh William Peter Blatty yang juga menjadi penulis naskah filmnya. Merupakan film horor bersejarah yang pertama kalinya mendapatkan Oscar untuk naskah terbaik dan sound mixing terbaik pada tahun 1974.

 

Horornya tak kalah dengan film zaman sekarang. Film ini telah termasuk banyak list film terseram oleh para kritikus. Plot horror zaman modern pun banyak mengambil inspirasi dari The Exorcist. Seperti setting rumah tua, orang kesurupan dan juga makhluk supernatural.  Karena kesuksesannya, banyak timbul beberapa film sekuel dan juga sebuah serial TV yang keluar pada tahun 2016.

 

  1. Memento (2000) 

 

Sebelum membuat trilogi Batman, Memento adalah film yang memulai Christopher Nolan sebagai sutradara yang dipercayai banyak orang. Menceritakan Leonard (Guy Pearce) yang mempunyai kelainan otak di mana dia tidak bisa menyimpan memori baru dan ingatannya berjangka pendek yang hilang setelah 5 menit.

 

Menggunakan cara bercerita yang unik membuat film ini dapat nominasi Oscar untuk naskah terbaik pada tahun 2002. Walaupun penuh dengan lika-liku, ceritanya tak bikin bingung penonton dan setelah menonton pasti bakal membuat lo bertanya-tanya sampai saat lo ingin pergi tidur.

 

Apa lagi film klasik yang lo suka? Silahkan tulis film klasik kesukaan lo di kolom-kolom komen di bawah, dan ketika lo lagi santai nonton jangan lupa ditemani oleh Proman Energenesis kesukaan lo biar tetap penuh energi dan nggak ketiduran melewati film favorit.

 

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *