Empat Tips Untuk Menghemat Uang Ketika Liburan di Luar Negeri

Published On December 24, 2018 | By Proman5Jam | Adventure, Editor's Picks

Sudah mendekati akhir tahun gini udah pasti di dalam pikiran lo semua adalah liburan! Beberapa dari lo pasti ada yang merencanakan liburan refreshing ke luar negeri bersama teman-teman, keluarga atau mungkin sendirian.

Tapi lo juga harus ingat, jangan sampai uang hasil kerja keras lo hilang hanya untuk berbelanja di luar negeri. Dengan artikel ini, Proman bakal kasih tips ampuh supaya liburan nggak bikin isi dompet lo melayang sia-sia! Penasaran? Yuk disimak.

  1. Rencanakan Perjalanan Menggunakan Aplikasi 

Teknologi berkembang untuk membantu memenuhi kebutuhan manusia menjadi lebih efisien dan instan. Jadi, sekarang sudah banyak aplikasi yang dibuat untuk membantu orang-orang merencanakan perjalanan liburan atau travelling. Aplikasi pencari tiket pesawat dan hotel mempermudah lo untuk mendapatkan tiket penerbangan maupun harga kamar hotel termurah. Mungkin lo juga akan butuh kendaraan? Kalau mau yang instan, gunakan aja aplikasi taksi online di sana. Karena mereka punya opsi untuk membayar memakai kartu kredit, jadi kalau udah pernah pakai, akun lo pasti kompatibel juga di luar negeri. Kalau nggak buru-buru, pakai transportasi umum di sana saja karena sudah dijamin harganya lebih terjangkau.

Lakukan riset dan pelajari dulu kekurangan dan kelebihan aplikasi masing-masing, mungkin kalau mau penginapan yang terjangkau bisa juga memakai aplikasi sharing economy seperti AirBnB atau Couchsurfing dimana lo menginap di pendiaman milik warga lokal. Cocok nih buat lo yang mau liburan bersama teman-teman.

2. Berbelanja Yang Diperlukan Saja 

Saat liburan tak perlu kita membeli semua barang atau souvenir yang ada. Banyak orang ketika liburan berbelanja barang-barang yang sebenarnya masih bisa dibeli di Indonesia dan harga di luar negeri pun belum tentu juga murah. Memang tidak ada salahnya berbelanja tetapi lebih baik membeli barang yang memang unik dan susah didapatkan di sini atau barang tersebut memang lebih murah untuk dibeli di sana.

Liburan yang bermanfaat itu lebih baik difokuskan untuk mendapatkan pengalaman baru, atau menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman dekat. Liburan yang dipenuhi dengan mencoba dan melakukan hal yang baru, pasti akan menjadi kenangan liburan yang selalu lo ingat.

3. Beli Makanan Street Food atau Masak Sendiri 

Ketika liburan, lo nggak perlu menikmati makanan lokal di sebuah restoran, tetapi lebih baik mencari street food atau makanan jalanan yang ada di negara tujuan lo. Nggak hanya memiliki harga terjangkau, tapi rasanya juga pasti juga enak.

Kalau lo nggak memilih menginap di sebuah hotel, tetapi sebuah rumah atau apartemen yang memiliki dapur dan alat masak, sangat disarankan untuk berbelanja bahan makanan dan masak sendiri. Jadi, lo mempunyai opsi makanan yang sesuai dengan lidah masing-masing, tapi juga tak perlu menghamburkan uang banyak untuk makan di restoran

4. Membeli Kartu Prabayar atau Menggunakan WiFi Gratis 

Pada saat berlibur di luar negeri lebih baik untuk mematikan mobile data dan roaming smartphone supaya pulsa lo tidak cepat hangus ketika menerima dan melakukan panggilan ke Indonesia. Gunakan saja servis WiFi gratis yang sudah disediakan di negara tujuan, dan ditambah dengan menggunakan aplikasi gratis seperti WhatsApp dan Skype yang merupakan opsi alternatif untuk berkomunikasi tanpa pulsa dengan keluarga atau teman yang masih berada di tanah air.  

Seandainya WiFi di sana kurang memadai dan sangat butuh untuk berkomunikasi, beli saja paket kartu prabayar yang sesuai dengan negara tujuan, atau membeli kartu sim lokal yang tinggal ditambah pulsa. Dijamin pasti mengurangi biaya pengeluaran ketika berlibur di luar negeri.

Jadi, dari kalian yang sudah sering travel dan berlibur ke luar negeri, ada saran lain yang bisa dibagikan supaya bisa menghemat biaya? Tulis jawaban lo di kolom komentar ya.  Kalau sedang jalan-jalan saat liburan dan merasa kurang energi, jangan lupa untuk minum Proman Energenesis yang pasti bakal bikin lo semangat dan bertenaga lagi!

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *