Hindari Makan Berlebihan Saat Buka Puasa

Published On July 13, 2015 | By Proman5Jam | Knowledge

Berbuka puasa berarti tersajinya berbagai macam makanan manis di atas meja. Karena seharian menahan haus dan lapar, sering membuat seseorang kalah dan melahap semua hidangan yang tersedia. Hal itu sebenarnya harus dihindari. Selain berdampak buruk untuk kesehatan, makan secara berlebihan juga nggak bagus untuk pencernaan dan akan menimbulkan sakit perut, mulas, bersendawa, mual, dan tingkat energi yang rendah.
Berikut beberapa tips agar disaat berbuka puasa nggak kalap dan kebablasan:

Mulai dari yang kecil
Saat mulai berbuka puasa, mulailah dengan memakan makanan yang kecil seperti kurma atau almond. Setelah itu, istirahatkan perut terlebih dahulu, biasanya dengan melakukan ibadah solat magrib. Setelah itu baru bisa melanjutkan menyantap makanan yang disediakan di meja makan bersama keluarga. Tapi tetap nggak boleh berlebihan. Harus berhati-hati juga dan cari menu berbuka yang menyehatkan.

Perlahan-lahan
Seharian menahan lapar dan haus biasanya seseorang buru-buru dan ingin melahap semua makanan yang ada. Boleh saja, tapi kunyah makanan tersebut secara perlahan. Mengunyah secara perlahan akan mengaktivasi enzim yang sangat baik untuk pencernaan.

Duduk dan fokus
Jangan makan ataupun minum sambil berdiri. Disaat makan dan minum dengan duduk tenang, semuanya akan terasa lebih nikmat dan memuaskan. Jadi nggak akan kalap untuk menyantap semuanya. Jika selesai menyantap beberapa hidangan berbuka dan merasa cukup, hindari berdiri disekitar meja makan atau berada disekitarnya, agar tidak kembali membangkitkan nafsu makan berlebihan.

Makan sahur yang berimbang
Makan sahur dengan menu sehat dan berimbang dapat menghindarkan seseorang untuk makan berlebihan saat berbuka. Perbanyak konsumsi makanan berserat yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak baik. Selain sehat, itu semua akan membantu metabolisme tubuh lebih baik.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *