How to Be a Jean-ious

Published On March 16, 2014 | By Proman5Jam | Fashion, Knowledge

Memang nggak semua pria dikaruniai wajah seganteng James Dean. Tapi, jangan kecil hati dulu. Ada sebuah busana yang punya kemampuan untuk mengubah pria mana pun menjadi sekeren James Dean. Nggak perlu sulap, nggak perlu sihir. Yang diperlukan oleh seorang pria hanya denim atau jeans. Entah itu celana, kemeja atau jaket.

Tunggu dulu. Jangan sembarangan membeli atau memakai jeans. Walaupun denim lebih dikenal sebagai busana kasual yang santai, bukan berarti jeans bisa dipakai seenaknya. Kenapa? Karena semua ada pakemnya.

What to Buy?
Beda bentuk tubuh, beda pula modelnya. Jadi, daripada menyesal, pastikan dulu model jeans tersebut cocok dengan bentuk tubuh. Coba saja bayangkan orang berbadan gemuk memakai skinny jeans berwarna merah, atau sebaliknya, orang berbadan kerempeng memakai baggy jeans.

  • Ramping dan tinggi
    Bersyukurlah para pria yang memiliki badan ramping dan tinggi seperti boneka manekin. Gimana nggak? Bentuk badan yang ideal ini bisa memakai hampir semua model jeans yang ada. Tapi, dari semuanya, slim-fit jeans dan straight-cut jeans adalah model yang paling cocok. Untuk alternatif lain atau bagi yang memiliki pinggang lebar, boot-cut jeans bisa dijadikan sebagai alternatif. Selain dua model tersebut, wide-leg atau baggy jeans juga akan terlihat bagus. Yang perlu diingat, model jeans yang satu ini bakal terlihat terlalu santai untuk dipakai ke kantor atau acara semi-formal.
  • Kurus
    Punya badan kurus dan nggak terlalu tinggi? Jangan pakai wide-leg jeans kalau nggak mau kelihatan seperti orang tenggelam atau orang kelaparan. Panjang celananya pun harus pas dengan panjang kaki. Model yang paling cocok adalah straight-cut jeans, low-rise jeans. Flared jeans yang nggak terlalu lebar juga bisa mengubah siluet badan menjadi lebih berisi. Selain itu, elemen tambahan seperti kantung belakang dengan tutup juga bisa membuat tubuh bagian belakang kelihatan lebih besar.
  • Atletis
    Bisa dibilang otot adalah medalinya kaum pria. Jadi, wajar saja kalau kebanyakan pria berbadan atletis selalu memakai baju yang bisa memamerkan otot-otot kebanggaannya. Tapi, hati-hati. Model slim-fit maupun straight-cut akan membuat otot menonjol di sana-sini. Sementara wide-leg jeans akan menutupi otot paha dan kaki, sehingga jeans nggak akan kelihatan sesak atau kesempitan.
  • Gemuk
    Ada satu model jeans yang wajib dihindari oleh setiap pria berbadan gemuk, yaitu flare-cut jeans. Bentuknya yang melebar di bagian bawah akan membuat badan gemuk menjadi kelihatan semakin gemuk. Jeans dengan model wide-leg bisa menyamarkan kegemukan, terutama bagian-bagian yang terlarang untuk diperlihatkan, seperti tonjolan lemak di perut atau pinggang.

Take Care
Lupakan cara-cara merawat jeans yang nggak masuk akal. Contohnya, nggak mencuci jeans selama tiga tahun, walaupun sudah kotor dan terkena keringat. Yuck. Pada kenyataannya, mencuci dan merawat jeans itu cukup gampang. Begini caranya:

  • Kalau ingin mendapatkan efek pudar yang alami, jangan mencuci jeans terlalu cepat. Kalau belum terlalu kotor, jaga jeans agar tetap kering selama tiga hingga enam bulan. Supaya terhindar dari bau, gantung saja di tempat yang sejuk dan berangin. Sekali lagi, ingat, jangan lakukan cara ini kalau jeans sudah sangat kotor atau terkena noda yang susah dihilangkan.
  • Selalu baca intruksi yang tertera di label jeans, karena label tersebut bukan sekedar hiasan. Setelah dibaca dan dipahami, ikuti prosedur cara pencucian dan penyetrikaan.
  • Jangan tinggalkan benda apa pun di dalam kantong celana, seperti uang kertas, koin, pulpen tisu dan lainnya. Hal ini mencegah serpihan kertas atau tisu menempel di jeans. Akan lebih menyedihkan lagi kalau jeans tersobek benda tajam.
  • Gunakan tangan atau mesin cuci saat mencuci jeans. Jika memakai mesin cuci, atur pencucian ke ‘delicate’ dan satukan dengan baju lain berbahan denim dengan jumlah paling banyak lima potong. Terlalu banyak jeans yang dicuci dalam satu waktu akan membuat mesin berat, sehingga kemampuan mencucinya nggak maksimal.
  • Warna jeans akan lebih tahan lama kalau dicuci dengan kondisi terbalik, yaitu bagian dalamnya berada di luar. Begitu juga kalau dijemur.
  • Jangan pernah menjemur jeans di bawah sinar matahari terik, karena bisa memudarkan warna. Akan lebih baik kalau dijemur di tempat beratap dan diangin-anginkan.
  • Begitu kering, jangan simpan jeans di lemari dalam keadaan terlipat. Gunakan gantungan agar bentuk aslinya terjaga.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *