Ini Dia Cara Merawat Sepatu yang Benar

Published On January 22, 2014 | By Proman5Jam | Fashion, Knowledge

Bagi seorang penggemar sepatu, nggak ada yang lebih menyedihkan dari melihat sepatu kesayangan yang rusak begitu saja. Padahal, umurnya belum sampai setahun. Setiap sepatu, mau itu sneakers, oxfords, boots, atau loafers, membutuhkan perawatan. Kalau merasa terlalu malas untuk merawat sepatu, pikirkan saja mana yang lebih penting. Malas-malasan atau keluar uang membeli sepatu baru lagi? Perawatannya sendiri memang gampang-gampang susah, tetapi hasilnya pasti akan sepadan dengan semua jerih payah yang telah dilakukan.

  1. Gunakan shoe tree
    Bisa dibilang, shoe tree adalah alat yang wajib dimiliki para penggemar sepatu. Memasukkan alat ini ke dalam setiap sepatu yang sedang nganggur atau nggak digunakan, untuk menjaga bentuk ideal dari setiap sepatu. Tapi, bukan berarti setiap sepatu membutuhkan shoe tree. Karena waktu yang diperlukan untuk menggunakan alat ini hanya satu sampai dua jam setelah sepatu terlepas dari kaki. Setelah itu, sepatu akan kembali ke bentuk idealnya dan shoe tree bisa digunakan untuk sepatu lainnya.
  2. Ganti sol dan lapisan dalam sepatu
    Banyak berjalan atau bahkan berlari bisa membuat sol sepatu dan lapisan tumit cepat lapuk atau rusak. Untuk mengatasi hal itu, gantilah sol sepatu dan lapisan tumit yang lama dengan yang baru. Bila lapisan dalam sepatu terbuat dari plastik, lebih baik ganti dengan lapisan karet yang 10 kali lebih kuat dan lebih tahan lama.
  3. Hindari hujan
    Saat musim hujan tiba, selalu sedia dan gunakan semprotan pelindung air supaya air hujan tak bisa menembus sepatu. Sebaliknya, kalau sepatu sudah terlanjur kehujanan atau basah karena terkena becek, jemur sepatu di tempat yang hangat dan terhindar dari sinar matahari langsung. Memang memakan waktu lebih lama untuk kering, tetapi suhu kamar adalah suhu yang paling tepat untuk mengeringkan sepatu. Dan jangan coba-coba untuk menggunakan haidryer karena suhunya bisa membuat sepatu menyusut dan rusak.
  4. Jangan memakai sepatu lebih dari dua minggu
    Memang susah menahan godaan untuk memakai sepatu baru atau sepatu favorit. Tapi, seperti manusia, sepatu juga butuh hari libur untuk beristirahat. Jangan menggunakan sepatu yang sama lebih dari dua minggu berturut-turut. Karena dengan beristirahat, sepatu bisa memulihkan bentuk idealnya, sehingga umurnya akan relatif lebih panjang dan tahan lama.
  5. Simpan di dalam lemari
    Bukan cuma pakaian yang butuh disimpan di dalam lemari. Kenapa? Berdasarkan riset, sepatu yang disimpan di luar kamar atau bahkan rumah, lebih rentan terkena suhu panas atau dingin dan terpapar sinar matahari. Suhu udara yang terlalu panas akan membuat sepatu mudah berkerut dan kering. Sebaliknya, suhu dingin akan membuat sepatu mudah berjamur. Jadi, simpan semua sepatu di dalam lemari dengan suhu kamar. Tapi ingat, kalau sepatu masih dalam keadaan basah, jangan menaruhnya ke dalam lemari atau kotak sepatu agar terhindar dari resiko berjamur dan bau nggak sedap. Kalau nggak punya lemari khusus, gunakan saja rak sepatu.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

One Response to Ini Dia Cara Merawat Sepatu yang Benar

  1. Uluq Taj says:

    makasih tipsnya Man

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *