Jenis Musik Pengantar Istirahat dan Pereda Stres

Published On September 1, 2016 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Music

Musik dapat menjadi media efektif yang bisa mengubah kondisi emosi dan tubuh seseorang. Musik yang mengalun cepat dapat membuat seseorang waspada dan bisa berkonsentrasi. Sementara upbeat music membuat semangat dan merasa positif menghadapi hidup. Jika ingin mengistirahat tubuh dan pikiran, musik bertempo lambat dapat mengendurkan otot tegang dan bisa mengurai stres setelah seharian bekerja.

Di sisi lain, ada tipe pria penderita insomnia yang kesulitan tidur dan membutuhkan salah satu di antara dua solusi pengantar tidur; entah membutuhkan suasana yang sangat tenang atau mendengarkan musik lembut.

Beberapa orang membutuhkan earphone agar bisa memfokuskan diri mendengarkan musik pengantar tidur. Alunan musik lembut tersebut bisa melenturkan syaraf sehingga bisa beristirahat di siang hari atau terlelap di malam hari.

Musik Sebagai Pengantar Tidur dan Istirahat

Penting sekali untuk bisa memilih jenis musik yang tepat untuk bisa beristirahat. Biasanya, music yang dipilih adalah jenis musik klasik, klasik kontemporer, atau jazz. Sementara alternatif lainnya yaitu chill-out music atau mungkin musik instrumental yang bisa diputar berulang-ulang.

Musik yang membawa suasana tenang dan santai, setidaknya memiliki 60-90 ketukan per menit, dengan ketukan 4/4, yang berasal dari alat musik piano atau gitar dan sejenisnya yang bisa mengaktifkan gelombang alfa pada otak sehingga membuat yang mendengar merasa nyaman.

 

Redakan Stres dengan Pilihan Musik yang Tepat

Secara mengejutkan, instrumen berdawai, gendering, dan alat tiup semacam flute dari Suku Celtic Indian ternyata sangat efektif dalam mendamaikan pikiran, bahkan ketika dimainkan dengan volume sedang.

Ada juga yang menyukai suara hujan yang dipadukan dengan alat musik. Lantas bagaimana menentukan jenis musik yang cocok? Jawabannya sederhana, pilih saja mana yang disukai. Tetapi jangan memaksakan diri untuk mendengarkannya hingga selesai, karena justru akan meningkatkan tensi, bukan meredakannya.

Selera dan kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Simak musik-musik rekomendasi di atas, dan pilihlah mana yang disukai. Setelah memacu adrenalin seharian, luangkanlah waktu untuk menenangkan pikiran dan beristirahat. Ketika tubuh kembali bugar, jagalah stamina tubuh dengan multi ginseng yang terkandung di dalam sebotol Proman Energenesis. Maka aktivitas harian akan terjaga dengan tenaga extra lama. Selamat mencoba!

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *