Latihan Efektif Mingguan di Rumah

Published On May 22, 2017 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Sports

Jika memang bisa menyelesaikan enam macam latihan sama seperti yang orang lain lakukan berjam-jam di gym, maukah pembaca Proman5Jam menyisihkan waktu 30 menit, tiga kali seminggu untuk melakukannya di rumah?

Ada latihan yang bisa dilakukan di rumah, alih-alih malas ke gym ketika hujan deras atau terlalu lelah setelah bekerja seharian. Selain push-up yang termasuk latihan wajib, di bawah ini ada beberapa latihan gerakan individu yang menggabungkan gerakan antar otot dan sendi, serta bisa diukur dan dimodifikasi sesuai kebutuhan. Tentu saja sebelum melakukannya, disarankan untuk minum sebotol Proman Energenesis agar mendapatkan tenaga extra lama untuk menjalani latihan-latihan ini.

SQUAT Squat
Latihan fungsional ini menggerakkan seluruh tubuh yang membantu membangun kekuatan dan ketahanan otot. Bentuk tepat bagian perut, punggung, pinggang sejajar pundak membuat squat menjadi salah satu latihan paling efektif untuk menggerakkan seluruh tubuh.

  • Tantangan ringan: squat dengan bantuan kursi atau bangku.
  • Tantangan tambahan: tangan di atas kepala, squat dengan beban seperti dumbbell, atau squat satu lengan.

THE DEADLIFT Deadlift

Gerakan menyeluruh melibatkan paha belakang, paha depan, punggung, dan pundak (jika ikut dibebankan). Termasuk salah satu latihan terbaik mutlak yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kekuatan tubuh. Untuk menambah tingkat latihan, bisa melakukannya dengan beban lebih berat atau menggunakan satu kaki.

  • Tantangan ringan: bergantung pada beban tubuh saja.
  • Tantangan tambahan: menggunakan beban lebih berat atau satu kaki

THE SHOULDER PRESSShoulder
Latihan tubuh bagian atas yang menargetkan bahu (deltoids), trisep, dan melibatkan inti untuk stabilisasi akan terasa melelahkan ketika menekan bokong dan paha depan. Ditambah dorongan secara agresif tanpa melengkungkan bagian bawah punggung. Mengingat deltoids adalah otot yang lebih kecil, tak banyak beban yang dibutuhkan untuk memberikan ketahanan untuk membuat latihan ini lebih menantang.

  • Tantangan ringan: Menggunakan tali karet
  • Tantangan tambahan: Menggunakan beban dan lakukan tambahan Pike Pushup dan Handstand Pushups.

THE LUNGE Lunge
Ini adalah latihan fungsional dengan aneka variasi.  Seseorang dapat melakukan tarikan lutut ke depan (lebih mudah dari sudut pandang kestabilan dan menggunakan lebih banyak paha depan), membalikkan lutut, melompat, dan lainnya. Selain itu, lutut dapat dilakukan dengan tangan di atas kepala, ke samping, di depan tubuh, dan bahkan menggunakan beban. Semua bentuk latihannya melibatkan bokong, paha belakang dan paha depan.

  • Tantangan ringan: Dilakukan hanya mengandalkan beban tubuh.
  • Tantangan tambahan: Ditambah dengan lompatan, melihat ke atas, menjaga detak jantung tetap tinggi.

THE BURPEE Burpee
Latihan yang paling dibenci kebanyakan orang karena banyaknya gerakan yang dilakukan dalam satu set. Ini adalah latihan yang bagus untuk meningkatkan denyut jantung sambil menarik pinggul, inti dan bahu. Hal ini bisa dilakukan secara eksplosif untuk menambah tingkat tantangan atau lambat dan terkontrol untuk melibatkan otot tubuh.

  • Tantangan ringan: Melakukan burpee tanpa lompatan.
  • Tantangan tambahan: Menambahkan lompatan ke atas atau dilengkapi dengan pushup.

Bagaimana dengan pembaca Proman5Jam? Siapa yang sudah rutin melakukannya? Bagi yang belum pernah, cobalah mulai sekarang agar tubuh tetap fit!

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *