Latihan Yoga Demi Membentuk Otot

Published On December 4, 2017 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Health, Sports

Pria berlatih yoga? Mengapa tidak? Jika selama ini yoga identik dengan gerakan perlahan dan mungkin dipandang tidak ada machonya sama sekali, ternyata menjadi salah satu alternatif para pria untuk bisa membentuk ototnya.

Kenyataannya, ada salah satu yoga yang bisa membuat para pria bisa memilihnya demi otot mereka. Power Yoga adalah praktik yang tren di studio yoga selama bertahun-tahun sekarang dan cukup membantu fleksibilitas para pegiat yoga. Power yoga adalah istilah umum yang digunakan di negara Barat untuk menggambarkan aktivitas yang penuh semangat, dan pendekatan “fitness” berbasis gaya Vinyasa. Dengan Power Yoga, seseorang cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengangkat dan mendukung berat tubuh sendiri. Pertimbangkan Power Yoga untuk menjadi gaya Yberbasis fitness yang berfokus pada membangun kekuatan.

Latihan yoga yang dinamis mengharuskan semua otot bekerja bersama dalam berbagai arah dan gerakan. Postur yoga sangat efektif untuk membangun kekuatan otot dengan menantang tubuh dalam orientasi dan pola pergerakan yang berbeda.

Berikut ini beberapa latihan Power Yoga yang bisa diikuti dengan petunjuk:

Lakukan 15 sampai 20 repetisi per latihan (atau 45 detik per sisi). Istirahat tidak lebih dari 30 detik di antara setiap latihan. Ulangi seluruh rangkaian 1 sampai 2 kali. Istirahat 1 sampai 2 menit di antara fase latihan.

Back Extension 

Posisi tengkurap. Perut dengan kaki melampaui belakang tubuh menjauhi pinggul. Rentangkan lengan ke belakang punggung. Tarik napas dan saat Anda mengembuskan napas, dorong panggul ke matras dan angkat dada dari lantai. Tarik napas, turunkan kembali ke posisi awal dan ulangi. Pertahankan kepala dan tubuh di tempat yang sama saat mengangkat dada dan kaki kemudian memeluk pinggul luar. Lemaskan bahu menjauh dari telinga dan tarik tulang belikat ke belakang perlahan. Menunduk dengan semua sisi leher.

Manfaat: back extension memperkuat bagian belakang kaki bagian bawah dan panggul (paha belakang & glutes) dan otot punggung bawah dan pertengahan.

Pelvic Lift Double Leg Lower 

Berbaringlah di atas matras dan letakkan satu balok di antara paha bagian dalam. Luruskan kaki ke langit-langit hingga membentuk sudut 90 derajat dengan lengan di samping tubuh. Tumpuk pinggul, lutut dan pergelangan kaki dalam satu garis kemudian tarik jari-jari kaki ke tulang kering dan tekan punggung bagian bawah ke tanah. Peluk paha bagian dalam dan tarik pusar ke tulang belakang, lalu angkat panggul seolah-olah menginjak kaki ke langit-langit. Perlahan turunkan panggul ke posisi awal. Jagalah kaki tetap lurus saat menurunkan kaki beberapa inci dari lantai, dengan badan dan kepala berlabuh ke matras. Angkat kaki kembali ke sudut 90 derajat dan ulangi.

Manfaat tubuh: Latihan ini adalah pembangun kekuatan yang hebat untuk handstand dan memperkuat ikat pinggang seperti abs (khususnya transversus abdominis), paha bagian dalam (adductors) dan otot dasar panggul.

Forearm Plank Slow Cross Mountain Climber 

Dari tangan dan lutut, letakkan kedua siku ke bawah bahu dan telapak tangan menghadap ke bawah. Posisikan kaki seperti melangkah menjauhi pinggul dalam posisi plank. Pertahankan pinggul sejajar tumit dan kepala. Ambil napas untuk menahan inti dan saat mengembuskan nafas, kendurkan lutut kanan ke lengan kiri atas (trisep); tarik napas dan kaki kanan kembali. Pindah ke sisi lain, ulangi.

Manfaat tubuh: Latihan ini menargetkan dinding abs depan (rectus dan transversus abdominis) dan sisi inti (oblique muscles).

Decline Chaturanga Dandasana Push-up 

Tempatkan mata kaki di atas balok yoga dan letakkan tangan ke posisi plank dengan tangan di bawah bahu. Pertahankan satu garis lurus dari tumit, pinggul, bahu dan kepala saat bernapas dan tekuk siku membentuk sudut 90 derajat ke tulang rusuk sisi Anda. Buang napas, dorong kembali ke posisi plank, ulangi. Pastikan untuk menekan semua 10 jari ke lantai dan tetap menatap ujung atas matras untuk mempertahankan tulang belakang yang memanjang.

Manfaat tubuh: Latihan ini memperkuat dada, bahu dan trisep.

Bagaimana dengan Anda, pembaca Proman5Jam? Ini baru sebagian yang kami berikan pada Anda. Apakah mau mencoba sedikit dari rangkaian Power Yoga ini di rumah? Siapkan Proman Energenesis sebelum melakuannya agar aktivitas yoga Anda mendapatkan tenaga extra lama.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *