Lima Instrumen Musik yang Bisa Dipelajari dalam Waktu Singkat

Published On July 27, 2018 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Music

Suka mendengarkan musik dan ingin belajar memainkan salah satu instrumen musik? Nah, buat lo yang ingin belajar skill baru, beberapa instrumen musik ini dapat lo pelajari dalam waktu yang relatif singkat. Meski lo nggak mungkin jadi seorang maestro dalam waktu semalam, tapi dengan latihan serius meski hanya 5-10 menit setiap harinya pasti bisa membuat lo menguasai dasar-dasar memainkan alat musik ini dalam beberapa minggu. Apalagi di era internet, lo bisa mempelajari semua alat musik ini dengan mudah lewat video singkat. Yuk, disimak!

  1. Snare drum 

Sumber: pixabay

 

Sebelum belajar memainkan set drum, ada baiknya lo mulai dari snare drum terlebih dahulu. Instrumen yang satu ini sangat esensial pada marching band dan orkestra karena tugasnya adalah menjaga tempo. Untuk belajar instrumen ini sebaiknya dimulai dengan rudiments atau pukulan-pukulan dasar pada permainan drum. Mulailah dengan tempo yang lambat untuk melatih koordinasi tangan sebelum mempercepat tempo permainan lo. Kalau sudah mahir, siapa tahu lo bisa jadi the next Buddy Rich.

2. Recorder/Seruling 

Sumber: pixabay

 

Jangan ngeremehin alat musik yang dulu sering lo mainkan saat upacara di sekolah, Man. Meski memainkan alat musik woodwind ini lebih mudah ketimbang sepupu jauhnya yang lebih rumit seperti clarinet dan oboe, lo bisa jadi pusat perhatian di antara teman-teman lo kalau bisa memainkannya seperti video di bawah ini. Gimana, udah mulai merasa tertantang?

3. Ukulele 

Sumber: unsplash

 

Liburan di pantai bakal terasa lebih istimewa kalo lo bisa main ukulele. Tinggal pilih jenis ukulele yang lo mau: soprano ukes yang berukuran kecil, atau tenor dan baritone ukes yang lebih besar. Setelah distem, baru mulai deh belajar chord dari lagu-lagu kesukaan lo. Ukurannya yang kecil nggak bakal bikin jari lo kesulitan untuk memainkannya, karena beberapa chord hanya memerlukan satu jari. Setelah menghapal chord, tinggal belajar teknik menggenjreng, dan di liburan pantai berikutnya lo bakal bisa mainin “Hey Soul Sister”!

4. Cajon 

 

Sumber: unsplash

 

Cajon menjadi salah satu instrumen perkusi yang banyak digandrungi anak muda zaman sekarang yang bermain di band akustik. Sama seperti snare drum, untuk menguasai instrumen ini diperlukan teknik dasar pukulan baik dengan tangan maupun stik. Bedanya, cajon bisa jadi bass dan snare drum sekaligus. Dengan latihan rutin, lo bakal bisa menciptakan suara yang lebih kompleks seperti di video cajon solo ini.

5. Harmonika 

 

Sumber: pixabay

 

Meski bentuknya kecil, tapi jika dipelajari serius, harmonika bisa menciptakan melodi yang powerful, Man. Memainkan instrumen ini juga cukup mudah, yakni dengan meniup atau menghirup udara di deretan lubang, kemudian memosisikan mulut agar menghasilkan melodi yang berbeda. FYI, beberapa band rock seperti Black Sabbath, Aerosmith dan The Rolling Stones punya lagu yang di dalamnya terdapat melodi harmonika, lho.

 

Gimana, Man? Tertantang untuk nambah skill baru? Jangan lupa sedia sekaleng Proman untuk nemenin lo menguasai instrumen musik pilihan!

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *