Proman Adventure by Mario Iroth

Mau Traveling? Keliling Indonesia Saja!

Published On December 26, 2014 | By Proman5Jam | Adventure

Bangun tidur, berangkat ke kantor, pulang ke rumah, kemudian tidur lagi. Siapa yang enggak merasa bosan menjalani rutinitas yang sama selama lima hari dalam seminggu? Dan kalau dijumlahkan secara kasar, seorang karyawan, yang bekerja selama delapan jam dalam sehari, akan menghabiskan waktu sekitar 1.920 jam untuk melakukan ha yang itu-itu saja. Entah itu, duduk di depan komputer sambil mengetik atau duduk di ruang meeting.

Supaya enggak stres, cobalah untuk mengambil cuti dan berlibur selama beberapa hari. Yang namanya pria pasti suka dengan liburan yang sedikit atau sangat menantang, kan? Well, enggak perlu jauh-jauh terbang ke luar negeri, karena Indonesia punya ribuan destinasi yang layak untuk dikunjungi.

1. Pantai Oeseli, Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur
Di dalam provinsi Nusa Tenggara TImur, tepat di selatan Indonesia, ada sebuah pantai indah yang masih belum banyak terjamah oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Namanya adalah Pantai Oeseli, yang disebut-sebut sebagai pintu gerbang raksasa menuju Rote. Disebut pintu gerbang karena pantainya dihiasi oleh batu cadas yang bertumpuk-tumpuk menjadi satu.

Berbeda dengan beberapa pantai di Indonesia yang sudah komersil, kebanyakan pengunjung Pantai Oeseli hanya anak-anak muda dari Desa Oeseli. Jadi, wajar saja kalau pantai ini hampir bersih dari sampah. Pelancong mana pun enggak akan bisa menolak keinginan untuk berenang di air laut yang sangat biru atau bersantai di atas pasir yang begitu putih. Jangan lupa untuk bertamu ke desa yang terletak tepat di pinggir laut. Ada sebuah perkampungan yang dipenuhi dengan jemuran rumput laut.

2. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur
Jangan kaget melihat bayangan diri yang terpantul dari Danau Labuan Cermin. Saking beningnya, apa pun yang ada di dasar danau bisa dilihat dari atas dermaga apung. Ada satu keunikan lainnya, yaitu danau ini memiliki dua rasa, yaitu tawar dan asin. Uniknya, kedua jenis air tersebut enggak tercampur sama sekali.

Sekilas memang enggak terlihat berbeda dari danau pada umumnya, karena bagian atasnya adalah air tawar.Tapi, bila menyelam beberapa meter ke bawah, ada sebuah batas lapisan yang bentuknya menyerupai awan. Begitu menembus lapisan tersebut, airnya berubah menjadi air laut. Selain bisa berenang bersama ikan-ikan air tawar dan air laut, kadang-kadang ada juga penyu hijau yang datang untuk bertamu.

3. Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tengara Barat
Gunung Rinjani merupakan salah satu ikon dari keindahan alam Indonesia. Gunung Rinjani sendiri juga sudah lama menjadi obsesi berbagai kalangan, mulai dari pendaki gunung lokal, wisatawan dari berbagai belahan dunia, peneliti lingkungan dan gunung berapi, sampai fotografer professional maupun hobi.

Medannya juga terbilang sulit, sehingga membutuhkan persiapan mental dan fisik yang sangat matang. Tapi, semua rintangan dan tantangan yang ditemui selama perjalanan akan terbayar dengan panorama alam yang spektakuler. Selain itu, di kawasan ini juga memiliki sebuah danau bernama Danau Segara Anak dan sumber mata air panas lengkap dengan air terjun.

Selain menjadi habitat kawanan babi hutan, Gunung Rinjani juga menjadi rumah bagi jenis hewan lainnya, seperti kera abu-abu, landak, lutung, musang rinjani, trenggiling dan masih banyak lagi. Ada juga beberapa jenis burung unik, mulai dari kakatua jambul kuning, perkici dada merah, hingga punglor kepala hitam.

4. Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera
Walaupun dinamakan Taman Nasional Gunung Leuser, kawasan ini bukan sekedar taman biasa. Dengan luas mencapai 1.094.692 hektar, cagar alam yang terletak di provinsi Nangroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara ini disebut-sebut sebagai salah satu taman nasional terluas di Indonesia sekaligus tempat konservasi orangutan.

Semua yang ada di area Taman Nasional Gunung Leuser merupakan ekosistem alami, mulai dari pantai sampai pegunungan tinggi dikelilingi oleh hutan tropis yang didominasi oleh warna hijau. Fakta yang enggak kalah mengagumkan adalah jumlah spesies hewan yang menjadi penghuni di dalamnya, yaitu sekitar 130 spesies. Beberapa di antaranya adalah badak, gajah, harimau sumatera, macan tutul dan siamang.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di tempat ini, mulai dari yang menyenangkan sampai yang memacu adrenalin. Pertama-tama, coba lihat tingkah laku kawanan orangutan yang asyik bergelantungan di dahan pohon. Kemudian, mulailah petualangan dengan menjelajahi hutan rimba dan mendaki gunung. Kalau masih belum puas, Sungai Alas sudah menunggu untuk ditaklukan. Dengan aliran air yang cukup deras, dan posisinya yang seolah membelah Taman Nasional Gunung Leuser, menjadikan sungai ini sebagai tempat yang cocok untuk olahraga rafting atau arung jeram.

5. Festival Teluk Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara
Indonesia enggak cuma punya kekayaan alam, tetapi juga kekayaan budaya. Kalau mau mendapatkan pengalaman lintas budaya yang enggak terlupakan, pilih waktu yang tepat. Cari tahu kapan sebuah acara adat atau festival budaya berlangsung. Contohnya, Festival Teluk Jailolo yang selalu diselenggarakan setiap tahun pada bulan Mei.

Festival Teluk Jailolo adalah sebuah pesta perayaan budaya yang melibatkan ratusan penduduk Halmahera Barat, mulai dari anak-anak sekolah, nelayan, sampai petani. Salah satu bagian dari festival yang paling menarik perhatian adalah ‘Cabaret on the Sea’, yaitu pertunjukan cabaret yang mengkolaborasikan cerita sarat filosofi dengan seni musik. Pertunjukannya sendiri berlangsung di atas panggung besar yang mengapung di atas laut.

Pastinya ada pagelaran menarik lainnya, seperti Tari Cakalele, Tari Sara Dabi-Dabi, Tari Soya-Soya atau Tari Perang Pejuang, penampilan musik Yanger, dan pertunjukan alat musik kuno Tataruba. Pengunjung yang hadir, termasuk wisatawan, juga akan diajak untuk bergabung dalam pesta makan adat Horum Sasadu. Selain itu, ada juga kegiatan yang sangat seru untuk diikuti, seperti memancing, lomba dayung, berenang, menjaring sampah, diskusi budaya, serta pemilihan duta bahari.
Nah, tunggu apa lagi? Saatnya berpetualang!

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *