Mendayung Ternyata Lebih Baik Daripada Berlari

Published On April 19, 2018 | By Proman5Jam | Adventure, Editor's Picks, Sports

Latihan mendayung semakin populer dalam satu dekade terakhir ini. Mungkin bagi pria yang rajin ke gym, memerhatikan ada beberapa rowing machines di sana. Bahkan di beberapa gym, mesin mendayung ini semakin banyak jumlahnya. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Mendayung dianggap sebagai latihan total bagi tubuh yang paling efisien. Ada pendapat yang mengatakan bahwa ketika seseorang berlari di treadmill, mungkin dia dapat membakar kalori – bahkan mungkin lebih dari mendayung – tetapi tidak melakukan banyak hal untuk tubuh seperti mendayung.  Alasannya adalah karena mendayung menggerakkan sembilan kelompok otot, total 85% dari seluruh otot yang ada. Termasuk melatih punggung, kaki, dan lengan.

Mendayung adalah latihan kardiovaskular seluruh tubuh yang memompa darah di setiap gerakannya. Jika ingin mengubah rutinitas kardio dan mencoba sesuatu yang berbeda dengan rute lari yang biasa, mungkin bisa mencobanya dengan duduk di mesin dayung.

Jika ingin menghilangkan lemak, latihan mendayung bisa menjadi pilihan terbaik saat ini.

Sempurnakan Bentuk Latihan 

Bentuk latihan sangat penting untuk memastikan bahwa: a) pendayung tidak melukai diri sendiri, dan b) seefisien mungkin untuk mendapatkan latihan terbaik pada rowing machine. Ada beberapa nama berbeda untuk bagian-bagian yang membentuk latihan sempurna: tangkapan, penggerak, penyelesaian, dan pemulihan.

Mulailah dengan duduk tegak di atas pendayung, pundak tegak, tangan yang memegang pegangan, mata ke atas. Tangkapan (catch) adalah awal dari gerakan – lengan diperpanjang ke depan, lutut langsung di atas pergelangan kaki.

Kemudian pada posisi drive, tekan/tekuk sampai kaki sepenuhnya diperpanjang pada posisi finish. Setelah kaki turun dan berada di belakang pendayung, miringkan tubuh bagian atas sedikit ke belakang, dan tarik pegangan ke dada tepat di bawah otot dada, untuk menyelesaikan gerakan. Pemulihan (recovery) adalah kembalinya ke bagian depan mesin, membalikkan gerakan dimulai dengan lengan, diikuti oleh dada, lalu kaki.

Manfaat Latihan Mendayung 

Di luar latihan “mematikan” karena menggerakkan seluruh tubuh secara maksimal, mendayung memiliki manfaat lain. Pertama, dapat membantu memperbaiki postur. Jika dilakukan dengan benar, setiap gerakan membangun inti tubuh dan memaksa untuk melepaskan bahu dan otot punggung, sehingga seseorang bisa tumbuh lebih tinggi dan lebih terbuka pada bagian dada.

Kedua, mendayung dapat membantu meningkatkan stamina. Kegiatan ini membuat jantung memompa darah beroksigen lebih efektif melalui sistem vaskular. Semakin banyak Anda mendayung, semakin efisien tubuh saat memproses oksigen itu. Dengan kata lain, tubuh menjadi lebih bugar.

Mendayung juga berisiko rendah, sehingga siapa pun bisa melakukannya. Tentu saja tak akan membuat seseorang terjatuh seperti yang terjadi di jalan setelah berlari bermil-mil.  Tak akan ada benturan keras yang menyebabkan cedera.

Bagaimana pendapat Anda, pembaca setia Proman5Jam? Jadikan rowing machines sebagai teman baru Anda dalam membentuk otot. Jika tak memilikinya di rumah, silakan segera mendaftar ke gym terdekat dan ambil sesi latihan mendayung sebagai pilihan. Jangan lupa bawa Proman Energenesis favorit untuk energi lebih lama.

 

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *