Mendengarkan Musik Menambah Semangat Dan Kreativitas Saat Bekerja

Published On October 10, 2016 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Music

Banyak yang bilang, jika mendengarkan musik klasik karya Mozart akan membuat seseorang semakin pintar. Ternyata, saat ini diketahui tak hanya musik klasik yang bisa meningkatkan semangat beraktivitas.

Berdasarkan sebuah penelitian dari Mindlab International mewakili MusicWorks, 9 dari 10 pekerja melakukan tugasnya lebih baik ketika mendengarkan musik. Sementara itu, 81% relawan penelitian menyelesaikan pekerjaannya lebih cepat ketika musik dimainkan.

Musik efisien untuk bekerja dan mental yang lebih baik. Relawan penelitian yang tidak mendengarkan musik sama sekali ditemukan banyak sekali melakukan kesalahan.

Tingkat stres di tempat kerja mana pun tentu saja bervariasi. Daripada marah-marah malah menambah runyam dan pekerjaan tak ada yang tuntas, lebih baik mendengarkan musik agar mood membaik.

Berikut ini adalah musik yang sebaiknya didengarkan ketika bekerja.

Musik klasik untuk pekerjaan dengan angka dan rincian klasik 

Pekerja lebih baik menyelesaikan masalah matematika ketika mendengarkan musik klasik dengan tingkat akurasi lebih tinggi 12% daripada yang tidak mendengarkan musik sama sekali. Ketika sedang menyunting, sebuah pekerjaan yang membutuhkan ketelitian, musik klasik membantu para pekerja.

Musik pop menemani pekerjaan dengan tenggat waktu pop3

Saat dikejar deadline, membutuhkan musik pop agar semua tugas tuntas lebih cepat. Musik pop, bersama musik dansa, juga mengurangi kesalahan sebanyak 14% ketika harus mengecek pekerjaan dengan cepat.

Ambient music untuk tugas dengan banyak masalah ambient

Banyak orang menghindari meski sebenarnya menyenangkan untuk didengarkan. Ambient music adalah jenis musik yang dihasilkan oleh alat music synthesizer dan menghasilkan suara seperti bunyi-bunyian di sekitar; seperti suara ombak, suara angin, dan lain sebagainya. Ternyata, jenis musik yang satu ini membantu pekerja menyelesaikan semua tugas saat menghadapi masalah, karena frekuensi suara yang dihasilkan serupa dengan frekuensi otak saat sedang dalam keadaan rileks.

EDM (Electronic Dance Music) untuk penyelesaian masalah dance

Musik ini menghasilkan poin akurasi tertinggi dan tercepat dalam banyak tugas. Para relawan penelitian mendengarkan musik dansa (electronic dance music) dan mereka menjadi lebih akurat dalam pengecekan tulisan, menyelesaikan masalah di kantor, dan menuntaskan rumus sulit matematika. Mereka bekerja lebih cepat 20% daripada tidak mendengarkan musik.

Meski jenis musik di atas belum tentu menghasilkan nilai yang sama terhadap orang lain, tak ada salahnya untuk dicoba. Ketika melihat rekan kerja sedang mendengarkan musik melalui headphone mereka sambil menganggukkan kepala, tampaknya bisa ditiru. Siapa tahu, kerja cepat mereka bisa memengaruhi pekerja lain menjadi lebih kreatif, aktif, dan produktif.

Meski sekarang sudah semakin menjamur profesi DJ yang memainkan EDM, tidak ada salahnya untuk tetap mendengarkan jenis musik lain tergantung dengan kebutuhan. Saat ini, jenis musik apa yang paling dibutuhkan? Silakan jawab di kolom komentar artikel ini.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *