Meningkatkan Konsentrasi Dengan Musik

Published On May 7, 2018 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Health

Internet zaman sekarang memenuhi kehidupan manusia selama 24 jam. Siapa pun yang tersentuh dengan interaksi dunia maya, mau tak mau, minimal 6 jam sehari akan berhubungan dengan aktivitas digital. Termasuk para pembaca Proman5Jam.

Dengan semua hal yang berlomba menarik perhatian manusia dalam satu waktu, menurut sebuah penelitian, setidaknya masih banyak orang berjuang untuk tetap bisa fokus saat bekerja. Bandingkan dengan apa yang terjadi pada zaman orang tua dahulu.

Ketika banyak pria merasa menjadi orang yang suka menunda-nunda sesuatu (atau bahkan banyak hal), kini ilmuwan mulai mencoba untuk membantu agar semakin banyak orang bisa fokus saat melakukan sesuatu. Musik adalah salah satu penyelamat.

Berikut ini, enam langkah menggunakan musik untuk meningkatkan produktivitas.

Jangan dengarkan lagu favorit 

Musik pada dasarnya diciptakan untuk menjadi hiburan. Perhatikan ketika seseorang mendengarkan musik yang disukainya. Hal itu akan melibatkan diri seseorang. Minimal, badan bergoyang mengikuti irama. Jika sedang bekerja dan hendak mengurangi gangguan, mencoba menyelesaikan sesuatu, apa yang harus dilakukan? Mendengarkan musik favorit justru akan membagi konsentrasi.

Jangan gunakan musik dengan lirik 

Perhatian eksternal manusia yang disebut exogenous attention adalah salah satu hal otomatis yang akan terjadi ketika seseorang membutuhkan konsentrasi penuh melibatkan indera pendengaran. Tanpa suara manusia sama sekali. Jika mendengarkan musik berlirik, maka orang tersebut sedang mengalihkan fokusnya dengan sesuatu yang lebih menarik: suara manusia.

Dengarkan musik klasik dan EDM 

Genre musik yang berfungsi paling baik untuk memusatkan perhatian sebaiknya disesuaikan dengan jenis otak seseorang. Pilihlah EDM / Electronic Dance Music dengan tempo cepat atau trance. Genre lainnya adalah down-tempo dan musik klasik. Menggabungkan antara musik klasik dan EDM tentu menjadi hal baru yang ternyata bisa meningkatkan konsentrasi seseorang saat beraktivitas.

Mulai menyetel otak 

Denyut otak yang sedang bersemangat untuk bekerja harus terus dijaga konsistensinya. Ketika fokus sedang berlangsung, seseorang mulai menjadi lebih kreatif. Apa yang bisa membantu agar tetap on track? Musik adalah hal yang membantu persistensi tugas, kreativitas, memori, dan konsentrasi berkelanjutan.

Sudah berapa kali ini terjadi pada seseorang: ‘Saya punya waktu dua jam, saya harus menyelesaikan hal penting ini, tetapi otak saya ada di tempat lain’? Musik membantu mematikan pecah fokus itu.

Musik optimal adalah hal yang tidak ingin didengar 

Biasanya, seorang komposer lagu akan menulis musik yang selalu ingin didengarkan para pendengarnya. Bagaimana jika komposer menuliskan musik yang tak akan pernah mau didengarkan orang lain?

Ini yang dilakukan musik hibrida antara klasik dan EDM. Selama 100 menit, musik akan disiapkan menjadi sesuatu yang tak akan diperhatikan pendengarnya. Sebaliknya, pendengaran dan exogenous attention akan memotong lintas otak dan langsung menuju sistem limbik / emosional. Maka musiknya akan langsung menuju bagian otak yang menenangkannya dan meningkatkan fokus.

Bagaimana menurut Anda, pembaca setia Proman5Jam? Mau mencoba hal baru ini agar konsentrasi meningkat dan prestasi kerja di kantor pun semakin melesat? Ceritakan pengalaman Anda di bagian kolom komentar sambil menikmati sebotol Proman Energenesis.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *