Mudik Aman Menggunakan Mobil Pribadi

Published On June 19, 2017 | By Proman5Jam | Adventure, Editor's Picks

Salah satu hal yang membuat orang Indonesia bersemangat melakukan ritual mudik setiap tahun adalah karena mungkin itulah satu-satunya kesempatan untuk bertemu keluarga besar setahun sekali.

Persiapan pun dilakukan dari jauh hari, bahkan berbulan sebelumnya. Bagaimana dengan agenda tahun 2017 ini? Apakah menggunakan ? Jika hendak mudik dengan mobil pribadi, berikut ini beberapa tip aman berkendara saat pergi dan pulang kembali.

Kondisi Kendaraan Periksa

Biasanya jarak tempuh ke tempat tujuan mudik cukup lama dan jauh. Cek kendaraan untuk servis secara menyeluruh. Jangan lupa untuk menyimpan nomer darurat dan nomer bengkel siaga yang berada di sepanjang rute mudik.

Lakukan tune up.  Tune up atau melakukan pengecekan mesin meliputi komponen vital mulai dari kondisi mesin, oli transmisi atau perseneling, oli mesin, minyak rem dan power steering, air radiator hingga kondisi wiper dan air wiper.

Rute Mudik Rute

Sudah tentu harus menentukan rute perjalanan dan mengantisipasi jika terjadi hal tak terduga sepanjang jalan. Selalu cari informasi terkini dari jalur pilihan, terutama yang rawan kemacetan.

Cek dan persiapkan jalur alternatif. Gunakan GPS yang bisa menjadi pemandu selama di perjalanan. Update info dari media sosial yang ada, termasuk streaming kondisi lalu lintas dari beberapa media televisi.

Stamina

Ini paling penting. Tak akan ada mudik jika ada anggota keluarga yang sakit. Terutama yang bertugas sebagai driver sepanjang perjalanan. Istirahatlah setiap 3-4 jam selama minimal 30 menit atau sampai merasa segar kembali. Senam kecil dengan turun dari mobil dan bergerak ringan bisa membuat kondisi badan nyaman. Penting juga untuk meminum Proman Energenesis yang mengandung ginseng dan multivitamin yang bisa memberikan tenaga extra lama.

Jangan memegang ponsel atau gadget lain selama mengendarai mobil. Delegasikan kepada anggota keluarga lain untuk mengangkat telepon masuk. Jika Anda bepergian sendiri, pastikan untuk menepi sejenak bila hendak menerima panggilan telepon.

Barang-barang Mudik

Tentu saja banyak barang yang ingin dibawa ke kampung halaman, termasuk . Tetapi pastikan hanya yang benar-benar penting dan perlu untuk dibawa. Cek ulang kapasitas mobil agar tidak terlalu sesak selama di perjalanan.

Bawa camilan dan minuman dalam jumlah cukup. Sebaiknya tak makan di rest area karena mungkin saja akan mematok harga jauh di atas normal. Jangan lupa untuk memeriksa apakah kotak P3K, ban serep, dan perkakas darurat seperti dongkrak sudah lengkap di mobil.

Bagaimana persiapan para pembaca Proman5Jam untk mudik kali ini? Jangan lupa membawa Proman untuk menjaga stamina selama di perjalanan. Selamat merayakan Idulfitri bersama keluarga tercinta!

 

 

 

 

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *