Olahraga Ringan Saat Berpuasa

Published On June 18, 2015 | By Proman5Jam | Knowledge, Sports

Bermalas-malasan untuk melakukan aktivitas ketika menjalankan ibadah puasa adalah sesuatu yang merugikan. Dalam keadaan menahan lapar dan haus sampai menjelang buka puasa memang dapat tubuh menjadi lesu dan kurang bertenaga. Lalu pada malam harinya, langsung menyantap makanan yang ada tanpa memikirkan resiko yang dihadapi. Perubahan pola makan seperti ini akan merubah berat badan seseorang dan bisa terserang penyakit.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya jangan ragu untuk melakukan olahraga ringan di saat berpuasa. Olahraga yang nggak membutuhkan energi berlebih dan bahkan bisa melakukannya pada siang hari. Banyak yang menganjurkan berolahraga beberapa saat sebelum berbuka supaya tenaga tetap terjaga saat berpuasa. Jangan jangan khawatir, beberapa olahraga ringan ini nggak akan membuat tenaga yang ada menjadi terkuras. Apa saja olahraga ringan yang bisa dilakukan saat berpuasa? Yuk disimak:

Berlari Kecil
Berlari kecil merupakan salah satu olahraga ringan yang cocok saat berpuasa, karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Berlari kecil didepan rumah beberapa puluh meter pasti dapat dilakukan dengan mudah walaupun sedang berpuasa. Tapi, jika ingin melakukan jogging, lebih baik dilakukan beberapa saat sebelum berbuka puasa.

Berjalan Kaki
Walaupun terlihat paling mudah, tapi jika dilakukan dalam jarak yang cukup jauh, pasti memberikan rasa yang berbeda pada tubuh. Saat berjalan kaki, otot-otot akan bergerak dan membuatnya lebih kuat terutama pada bagian tumit kaki. Efek baik lainnya adalah dapat melancarkan peredaran darah dan menyehatkan badan.

Angkat Beban
Untuk yang ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal dan kulit yang kencang, disarankan untuk melakukan angkat beban. Nggak masalah dilakukan saat berpuasa, yang jelas beban yang diangkat nggak terlalu berlebihan. Beban bisa disesuaikan dengan kekuatan dan jangan terlalu memaksakannya, beban 5 kilogram bisa jadi berat yang pas untuk angkat beban.

Bowling
Olahraga yang menyenangkan ini bukan olahraga berat yang membutuhkan banyak energi. Olahraga ini bisa dilakukan kapan saja. Hampir sama seperti angkat beban, bowling bagus juga untuk menguatkan otot khususnya bagian tangan dan melatih keseimbangan badan daripada bermalas-malasan dan tidur saat berpuasa.

Melakukan Aktivitas Sehari-hari
Lakukanlah kegiatan sehari-hari seperti biasanya. Karena hal tersebut bisa juga termasuk kedalam olahraga ringan. Aktivitas sehari-hari mencakup membersihkan motor kesayangan, bermain bersama hewan peliharaan, berkebun, atau bahkan membersihkan kamar yang berantakan. Dengan melakukan kegiatan tersebut, kesehatan akan selalu terjaga dan nggak gampang terserang penyakit.

Jadi, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Jangan lupa menjaga kesehatan dan juga untuk membentuk tubuh. Tetap semangat dan berenergi dalam menjalankan ibadah puasa.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *