Panduan Rutinitas Bercukur untuk Pria

Published On May 1, 2018 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Fashion, Health

Bercukur adalah pelajaran awal seorang pria sejak menginjak dewasa. Bahkan banyak anak yang mulai meniru kebiasaan ayahnya ketika ritual bercukur ini dilakukan. Bagi kebanyakan pria, bercukur adalah rutinitas yang akan terus dilakukan hingga tua. Di tengah tren janggut dan teknologi pisau cukur yang beraneka ragam, teknik bercukur yang benar haruslah dikuasai, jika tak mau teriris dan terluka.

Tanyakan pada kakak, paman, ayah, atau kakek, apakah mereka sudah pernah, setidaknya sekali saja terluka ketika bercukur? Mengapa demikian? Tampaknya bercukur itu mudah. Tetapi ternyata ada yang kurang atau tidak dilakukan ketika memulai rutinitas ini. Lantas, bagaimana langkah bercukur dengan benar? Simak langkah-langkahnya berikut ini sambil menikmati Proman Energenesis.

Mandi Sebelum Bercukur 

Pertama-tama, siapkan air panas mengalir. Pori-pori harus terbuka lebar untuk pencukuran yang bersih agar bisa meminimalkan iritasi kulit, dan tidak ada cara yang lebih baik daripada beranjak ke kamar mandi. Uap menyebabkan pori-pori menjadi rileks dan kulit menjadi lunak, sehingga memungkinkan pisau bergerak dengan mulus di wajah. Jangan pernah memercikkan air dingin ke wajah karena pori-pori akan mengecil dan bercukur menjadi lebih sulit.

Proses Sebelum Bercukur

Memperlakukan janggut dan kumis membutuhkan lebih dari sekadar membilas dan sebuah silet. Mempraktikkan etiket pra-cukur yang tepat membutuhkan beberapa hal penting. Sebagai permulaan, scrub wajah untuk membersihkan dan melembutkan bulu wajah. Pembaca Proman Energenesis juga bisa menyiapkan minyak pra-bercukur untuk mengangkat kumis dengan silet yang lebih halus. Tentu saja, krim cukur atau gel yang melindungi kulit sensitif.

Jangan Pernah Menggunakan Sabun 

Jika sabun batangan hampir tidak bisa diterima untuk mencuci tangan, apalagi untuk wajah. Mereka cenderung meninggalkan residu dan kulit kering meski ada klaim melembapkan. Gel pembersih serba guna, di sisi lain, akan melarutkan kelebihan minyak dan pori-pori terbuka secara efektif untuk mencukur bebas stres.

Menggunakan Alat Cukur 

Jika desainnya untuk kaki, terasa lebih mudah. Bagaimana bila penggunaannya untuk wajah? Pisau cukur, entah model double-edge atau straight razor, adalah pilihan untuk memangkas bagian rambut wajah yang mulai tumbuh.

Mencukur pendek-pendek membuat pencukuran lebih akurat yang akan mengurangi tekanan pada gagang pisau. Akhiri pencukuran dengan pengolesan ulang krim cukur secara lembut melawan arah tumbuhnya akar. Teknik ini dilakukan di seluruh wajah tanpa kemungkinan cidera.

Jangan Pernah Lakukan Cukur Kering

Bercukur tanpa bantuan olesan krim atau gel sangat tidak disarankan. Krim cukur membantu melindungi kulit dari ketajaman pisau.

Merawat Alat Cukur 

Salah satu metoda populer untuk membersihkan pisau cukur adalah membilasnya dengan air panas yang mengalir untuk setiap sisinya. Lakukan selama sekitar 10 detik. Jangan lupa untuk menyediakan pisau cadangan. Jika tetap ingin menggunakan pisau yang sama, gunakanlah minyak pisau untuk membuatnya tetap aman dipakai.

Jangan Pernah Bercukur Dengan Pisau Tumpul

Tidak ada yang lebih buruk bagi kulit daripada bercukur dengan pisau cukur tumpul atau berkarat. Meskipun mungkin tidak terlalu terlihat berkorosi penuh, pisau berkualitas memiliki strip indikator yang berguna untuk menentukan kesiapan pisau cukur. Ketika mulai memudar menjadi putih, saatnya untuk mengganti dengan yang baru.

Rutinitas Pasca Bercukur

Mencukur menyebabkan keausan yang parah pada kulit. Jadi untuk meremajakan kulit, gunakan balsem aftershave dengan bahan-bahan ramah kulit untuk menggantikan sebagian kelembapan bagian yang dicukur oleh proses pencukuran secara alami. Terakhir, selesaikan dengan serum rambut yang tumbuh ke dalam. Selesai.

Jangan Pernah Menggunakan Wewangian

Deodoran, cologne, atau lotion harum harus dijauhkan dari kulit yang baru dicukur. Benda-benda tersebut akan menjadikan kulit lebih sakit dan rusak.

Apakah Pembaca Proman Energenesis memiliki produk bercukur favorit yang bisa membuat kulit lebih sehat dan lembut? Silakan berbagi di kolom komentar.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *