Persiapan Untuk Menyambut Lebaran

Published On July 16, 2015 | By Proman5Jam | Knowledge

Datangnya hari raya Idul Fitri atau lebaran tinggal hitungan beberapa saat, pastinya hal tersebut sudah ditunggu-tunggu. Setelah 1 bulan berpuasa, semua umat muslim di dunia tentunya sangat antusias untuk menyambut datangnya hari kemenangan. Berkumpul bersama keluarga dan menikmati berbagai hidangan khas lebaran, membayangkannya saja sudah membuat senang.
Nah supaya hari lebaran nanti jadi lebih bermakna, ada beberapa hal yang bisa dipersiapkan, kira-kira apa saja yah? Langsung saja cari tahu di bawah ini:

Persiapan diri untuk menyambut hari kemenangan
Sebelum mempersiapkan keperluan lainnya, jangan lupa untuk mempersiapkan diri sendiri untuk menyambut lebaran. Bukan hanya soal persiapan baju baru ataupun rambut baru, tapi juga persiapan batin yang suci. Disini bisa dilakukan evaluasi terhadap ibadah puasa yang sudah dijalani selama bulan ramadhan, apakah ibadah dan amal yang sudah maksimal atau belum. Jika belum, segera manfaatkan momen terakhir bulan puasa ini untuk melakukan kegiatan amal.

Persiapan rumah untuk bersilaturahmi
Lebaran menjadi momen yang paling tepat untuk bersilahturahmi ke rumah sanak saudara. Nah karena pastinya akan banyak saudara yang datang bersilahturahmi ke rumah, tatalah rumah senyaman mungkin. Simpan perabotan yang tidak diperlukan ke gudang agar rumah terkesan lebih luas dan tidak terasa sumpek saat banyak tamu yang datang.

Persiapan Makanan
Kalau bicara soal lebaran, pasti tidak lepas dari yang namanya ketupat, opor ayam, rendang, kue kering dan makanan khas lebaran lainnya. Nah menjelang lebaran, mulailah mempersiapkan untuk makanan-makanan tersebut. Atau jika tidak sempat untuk memasaknya sendiri, bisa memesan makanan dari para penjual makanan khas lebaran yang ada di lingkungan sekitar rumah.

Berbagi dengan sesama
Poin yang tidak kalah pentingnya adalah ingatlah untuk selalu berbagi kebahagiaan dengan kaum yang kurang mampu. Jangan lupa membayar zakat fitrah atau memberikan sedekah kepada kaum dhuafa. Sebenarnya tidak ada waktu yang spesifik untuk bersedekah, bisa dilakukan di hari-hari selama ramadhan atau bisa juga di malam Idul Fitri. Tapi akan lebih baik jika sedekah tersebut diberikan pada malam Idul Fitri agar mereka yang kurang mampu juga bisa menikmati kebahagiaan menjelang lebaran.

Persiapan Energi
Melakukan silaturahmi saat lebaran juga membutuhkan energi ekstra. Apalagi jika harus berkeliling ke banyak tempat saudara, pastinya cukup melelahkan. Salah satu cara praktis untuk mengembalikan tenaga yang hilang adalah dengan mengonsumsi minuman berenergi. Pilihlah minuman berenergi yang kandungan kafeinnya tidak lebih dari 300 mg (setara dua cangkir kopi), sehingga tidak ada crash effect dan setelah energinya terasa tidak membuat tubuh drop serta deg-degan. Selain itu pilih juga minuman berenergi yang komposisinya mengandung variasi vitamin B3, B5, B6, B12 dan komposisinya mengandung herbal, seperti consentrate ginseng sehingga memberikan tambahan kesegaran energi hingga lima jam berkendara. Dan yang tidak kalah penting adalah selalu pilih minuman energi yang praktis dibawa sehingga mudah dinikmati dimanapun serta kapanpun tubuh membutuhkan pemulihan energi.

Itulah beberapa persiapan-persiapan yang bisa dilakukan dalam rangka menyambut hari lebaran, dan yang paling penting tentunya adalah persiapan untuk mensucikan hati, membuka pintu maaf dan memberanikan diri untuk meminta maaf. Selamat berlebaran, Mohon maaf lahir dan batin.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *