Strategi Mencapai Kemerdekaan Finansial untuk Pria Sejati

Published On September 5, 2018 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Knowledge

Apa pun kondisi finansial lo, jika dikelola dengan baik pasti akan membantu lo mencapai level kemerdekaan finansial yang lo inginkan. Hal yang terpenting adalah pengetahuan mengenai prinsip dalam mengelola keuangan dan melakukannya. Apa saja? Simak di bawah ini.

Catat pengeluaran secara rinci

Jika lo sering bingung ke mana uang lo pergi selama sebulan, mulailah untuk mencatat pengeluaran lo secara rinci, dan mengevaluasi jenis pengeluaran tersebut. Trik seperti belajar memasak agar bisa mengurangi makan di luar bisa sangat membantu lo untuk berinvestasi dan menabung.

Pisahkan keinginan dan kebutuhan

Banyak orang yang membeli barang untuk memberi kesan pada orang lain, meski barang tersebut lebih banyak bersifat keinginan dan bukan kebutuhan. Hal ini mendorong pengeluaran yang seharusnya bisa digunakan untuk hal lain yang lebih baik, seperti simpanan dana darurat.

Mulai mengenali pasar saham

Rasa takut pada pasar saham biasanya karena ketidaktahuan mengenai hal tersebut. Cobalah untuk melampaui rasa takut tersebut dengan belajar mengenai pasar saham, karena investasi ini adalah salah satu yang dapat mewujudkan tujuan jangka panjang.

Kurangi pengeluaran konsumtif, perbanyak investasi

Makan enak di restoran memang menyenangkan, tapi mencapai tujuan keuangan akan jauh lebih menyenangkan. Dengan menyusun tujuan keuangan jangka pendek, menengah, dan panjang, lo akan lebih terdorong untuk mengelola keuangan dengan lebih baik.

Investasi pada diri sendiri

Tak ada yang lebih baik selain investasi pada diri sendiri. Belajar skill dan ilmu baru akan menjadikan lo memiliki daya saing yang lebih besar di pasar tenaga kerja, bahkan bisa memulai bisnis sendiri.

Jika lo merasa terinspirasi setelah membaca prinsip-prinsip ini, jangan lupa share ke temen-temen lo dan ajak mereka juga untuk melakukannya dengan ditemani Proman agar tenaga mereka terjaga extra lama ya, Man!

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *