4 Teknologi Canggih yang Mengesankan di Film

Published On May 18, 2016 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Movies

Film yang bagus adalah film yang meninggalkan kesan yang baik setelah penonton selesai menikmatinya. Kesan baik ini bisa diberikan dari segi cerita, akting para pemain, atau teknologi dan efek visual yang menghasilkan grafis yang memanjakan mata.

Sebetulnya 3 komponen tersebut harus menguatkan satu sama lain. Karena kalau tidak, penonton dapat dengan mudah merasakan bosan saat menikmati filmnya. Sebaliknya, jika ketiga hal tersebut dikemas dengan baik, sebuah film dapat memberikan energi kepada penonton untuk dapat menikmatinya dengan extra lama. Bahkan belakangan ini banyak film yang menampilkan adegan tambahan di tengah-tengah credit title, membuat penonton penasaran dan tidak ingin beranjak dari kursi bioskop sampai credit title benar-benar selesai.

Kali ini akan dibahas teknologi dan efek visual canggih yang digunakan di film-film yang menghasilkan gambar sangat berkesan. Inilah 4 hal tersebut.

  1. Robot Kamera IRIS di film ‘Gravity’ Iris

Sandra Bullock sebagai pemeran utama sering melakukan pengambilan gambar dalam sebuah kotak cahaya yang tidak telalu besar. Pergerakan dalam kotak tersebut sangat terbatas sehingga membutuhkan pergerakan kamera yang sangat dinamis untuk mengambil gambar. Penggunaan kamera yang bisa berputar-putar dengan leluasa tentunya juga memberikan tantangan tersendiri.

Dalam hal ini, sistem motion control robotik dari Bot & Dolly bernama IRIS mengambil peran. Alat yang menyerupai tangan robot raksasa ini bisa dipasangi kamera sampai dengan seberat 500 Kg dan dikendalikan menggunakan Autodesk Maya. IRIS ini juga yang bergerak mendekati karakter untuk membuat tampilan zoom-in saat adegan karakter terjatuh mendekati kamera.

  1. Teknik Photogrammetry di film ‘Mad Max: Fury Road’ Photogrammetry

Photogrammetry memberikan kemampuan menciptakan objek 3D dengan menggunakan kumpulan foto dari suatu objek. Foto-foto tersebut diambil dari berbagai sudut yang berbeda namun harus dalam keadaan cahaya yang sama dan tidak boleh dalam kondisi yang buram atau beresolusi rendah. Dengan aplikasi tertentu bisa didapatkan sudut-sudut yang sama hingga bisa didapatkan posisi yang sesuai. Begitu seterusnya dari kumpulan foto tersebut dicocokkan sudut dan posisinya hingga tercipta kumpulan titik yang akhirnya membentuk objek tersebut.

Di film ‘Mad Max: Fury Road’, teknik ini digunakan untuk membuat sekumpulan batu karang besar di tengah gurun pasir Citadel, lokasi bermukimnya pimpinan tokoh antagonis bernama Immortan Joe yang diperankan oleh Hugh Keays-Byrne.

  1. Motion Capture Manusia sebagai Raptor di film ‘Jurassic World’ MotionCapture

Dengan efek visual ini, pergerakan tubuh manusia bisa diterjemahkan dengan baik menjadi pergerakan raptor, selama re-targetingnya benar. Untuk menciptakan gerakan yang diinginkan, empat orang dengan latar belakang sebagai penari pun dipekerjakan. Sebagian dari mereka bahkan memiliki keterampilan parkour, hingga mereka mampu bertahan dalam pose tertentu untuk waktu yang lama.

Para penari tersebut menggunakan pakaian abu-abu dan diberi semacam helm berbentuk kepala raptor sebagai acuan arah pandang. Walaupun secara anatomi manusia dan raptor sangat berbeda, tapi tempilan mereka membantu untuk mengarahkan proses pengambilan gambarnya.

  1. Previsualisation di film ‘Ant-Man’ Previs

Banyaknya adegan yang dibuat dalam skala yang tidak biasa, dalam artian dilihat dari sudut mahluk yang sangat kecil, maka pembuatan previsualization atau PreVis atau animasi dalam bentuk kasar memegang peranan yang sangat penting agar bisa menghasilkan gambar akhir yang masuk akal bagi penonton.

Penggunaan PreVis memberi keleluasaan dalam bereksperimen menggunakan lensa dan komposisi frame. Misal bila hendak mengambil gambar medium dari sebuah karakter dengan lensa lebar, maka ia akan terlihat terlalu besar dibanding lingkungan sekitarnya.

Sementara bila menggunakan kamera yang bergerak mundur menjauhi karakter tersebut maka ia terlihat terlalu kecil di tengah-tengah ruangan yang tampak luas, misalnya di dalam bak mandi yang tampak seperti jurang raksasa. Hal tersebut bisa dilihat menggunakan PreVis.

Apa teknologi atau efek visiual di film favorit yang paling berkesan? Silakan jawab di kolom komentar atau mention @Proman5Jam di media sosial Twitter dan Facebook.

 

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *