Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Mudik

Published On June 27, 2016 | By Proman5Jam | Adventure, Knowledge

Selain saling bermaafan dan merayakan kemenangan, hari raya lebaran juga identik dengan aktivitas pulang kampung atau yang biasa disebut dengan mudik. Setelah sekian lama bekerja merantau ke kota lain, momen libur lebaran ini pastinya digunakan seseorang untuk kembali ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga besar.

Perjalanan mudik bisa dilakukan menggunakan berbagai alat transportasi. Seperti mobil, bus, kereta, kapal laut, pesawat, atau konvoi sepeda motor. Karena perjalanannya yang panjang, mudik kerap kali membuat seseorang mengalami mabuk perjalanan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, simak tips dari Proman berikut ini.

Posisi Duduk yang Tepat

Ketika akan melakukan perjalanan jarak jauh, ada baiknya pastikan posisi duduk yang membuat diri nyaman. Karena jika posisi duduk yang dipilih tidak tepat, maka akan membuat diri tidak nyaman sepanjang perjalanan jarak jauh tersebut.

Pilihlah posisi tempat duduk yang disukai dan sesuai dengan keinginan. Entah kursi di dekat jendela atau kursi terjauh dari jendela, manapun yang membuat nyaman. Bagaimana cara agar mendapatkan kursi yang kita inginkan? Pesanlah tiket mudik dari jauh hari sebelum lebaran.

Jangan Mengonsumsi Makanan Sembarangan

Perhatikan makanan yang dikonsumsi sebelum dan selama perjalanan mudik berlangsung. Sebaiknya tidak makan berlebihan sebelum perjalanan dimulai. Karena mudik adalah perjalanan yang jauh dan akan sering terjadi guncangan tak terduga, makanan yang berlebihan di dalam perut akan menimbulkan rasa mual dan mengganggu perjalanan mudik.

Selain perhatikan porsi makanan, perhatikan juga asupan nutrisinya. Hindari makanan yang pedas, berlemak tinggi, dan berbau tajam demi menghindari rasa mual dan enek. Perhatikan pula kuantitas air yang diminum. Jika terlalu banyak minum air, akan sering membuat seseorang merasa perlu ke toilet untuk buang air kecil.

Kurangi Membaca dalam Perjalanan

Saat seseorang sedang berada di dalam kendaraan yang bergerak, maka secara fisik tubuh juga ikut bergerak bersamaan dengan kendaraan yang melaju tersebut. Tapi jika tubuh yang bergerak melaju ini tidak diikuti dengan pandangan mata sesuai dengan berjalannya kendaraan, maka rasa mual lah yang akan muncul.

Pernah mengalami rasa mual ketika sedang membaca atau bermain smartphone saat di dalam kendaraan yang melaju? Itu disebabkan oleh mata yang fokus kepada satu titik ketika tubuh sedang bergerak mengikuti lajunya kendaraan. Saat melakukan perjalanan jauh, jangan fokuskan pandangan hanya pada satu titik yang statis, tapi nikmatilah perjalanan tersebut dengan memandang ke luar jendela. Atau jika mata terasa lelah, pejamkan dan istirahatkan lah mata.

Tidur

Tidur adalah poin paling penting dalam melakukan perjalanan yang jauh dan panjang agar tidak mengalami mabuk perjalanan. Setelah mengonsumsi makanan secukupnya di tempat duduk yang nyaman, ada baiknya sisa perjalanan dihabiskan dengan memejamkan mata dan tidur.

Ketika sampai di tempat tujuan, tubuh akan terasa lebih segar dan bersemangat jika separuh perjalanan digunakan dengan tidur. Untuk menambah tenaga, meminum Proman Energenesis sesaat setelah bagun dari tidur adalah pilihan yang tepat. Sehingga pertemuan dengan keluarga besar di kampung halaman jadi lebih berenergi dan momen tersebut bisa berlangsung extra lama sampai akhirnya harus istirahat lagi menjelang hari berikutnya.

Punya tips lain agar tidak mabuk kendaraan saat perjalanan mudik? Silakan bagikan di kolom komentar. Tips ini juga berlaku untuk arus balik mudik kembali ke kota perantauan.

 

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *