Tips Aman Bebas Lelah Berkendara Jarak Jauh

Published On February 20, 2015 | By Proman5Jam | Adventure, Knowledge

Perjalanan yang panjang saat berkendara, baik dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat memang seringkali mendatangkan tantangan berat bagi tubuh. Konsentrasi dan energi pastinya harus terjaga dalam kondisi ekstra prima. Apalagi hal ini bukan masalah sepele, tapi menyangkut keselamatan jiwa. Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa strategi agar dapat berkendara dengan nyaman dan aman, simak tips berikut:

Posisi Berkendara
Saran dari James Milligan, terapis olahraga di Formula Medicine: “Ketika sedang melakukan perjalanan panjang, usahakan postur tubuh tidak lurus. Sebelum mengendarai kendaraan, baik roda dua ataupun empat sangatlah penting untuk memobilisasi punggung bawah dan meregangkan hamstring”. James juga menekankan pentingnya hal tersebut, agar dapat menghindari rasa nyeri yang dapat mengganggu konsentrasi berkendara.

Hindari Dehidrasi
Paparan angin dapat menyebabkan dehidrasi sehingga melemahkan konsentrasi. Konsumsi sedikit air secara teratur, antara 150-250 ml per jam. Tetap berlaku juga untuk pengemudi kendaraan roda empat, karena AC dalam mobil memiliki efek yang sama dengan angin.

Gerakkan Tubuh
Ketika berhenti di lampu merah atau terjebak macet, pengendara sebisa mungkin menggerakkan bagian badan seperti jemari kaki dan tangan, pinggul dan leher agar peredaran darah bisa kembali lancar.

Manajemen Waktu
Salah satu tantangan yang paling sulit untuk berkendara adalah pada saat tengah malam, baik itu faktor kelelahan atau kegelapan yang menyelimuti penglihatan. Untuk menjaga konsentrasi, lakukan manajemen waktu. Hindari berkendara lebih dari lima jam tanpa henti karena saraf sensorik dan motorik akan mengalami ketegangan akibat harus membagi konsentrasi antara mengingat jalan, menatap depan, mengatur perpindahan gigi dan kopling atau menentukan saat menarik rem.

Beristirahalah di rest area terdekat secara berkala, misalnya tiga jam sekali selama kurang lebih 30 menit. Tenaga yang terkuras selama perjalanan dapat diisi dengan makan makanan yang sehat dan bergizi untuk pemulihan tenaga, minum banyak air, atau tidur sejenak. Jika sulit menemukan rest area sebaiknya pengendara mencari tempat aman untuk parkir dan tidur atau mencari alternatif pemulihan tenaga lainnya.

Energi Ekstra
Salah satu cara praktis untuk mengembalikan tenaga yang hilang adalah dengan mengonsumsi minuman berenergi. Namun, jangan sembarangan memilih minuman berenergi. Salah-salah pencernaan bisa terganggu dan perjalanan malah terhambat. Berikut cara memilih minuman berenergi yang aman bagi pengendara:

  1. Pilih minuman berenergi yang bersifat tidak asam dan aman bagi lambung.
  2. Pilih minuman berenergi yang mengandung pemanis atau gula alami sehingga jika dikonsumsi secara berkala tidak menyebabkan penyakit gula, seperti obesitas, diabetes tipe 2, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.
  3. Pilih minuman berenergi yang kandungan kafeinnya tidak lebih dari 300 mg (setara dua cangkir kopi), sehingga tidak ada crash effect dan setelah energinya terasa tidak membuat tubuh drop serta deg-degan.
  4. Pilih minuman berenergi yang komposisinya mengandung variasi vitamin B3, B5, B6, B12 yang bermanfaat menyegarkan tubuh sehingga mendongkrak energi serta mengusir lelah dan kantuk.
  5. Pilih minuman berenergi yang komposisinya mengandung herbal, seperti consentrate ginseng sehingga memberikan tambahan kesegaran energi hingga lima jam berkendara.
  6. Pilih minuman berenergi dengan kisaran volume isi 250-300 ml sehingga selain meningkatkan energi juga pas untuk menghilangkan haus.
  7. Pilih minuman energi yang praktis dibawa sehingga mudah dinikmati dimanapun serta kapanpun tubuh membutuhkan pemulihan energi saat berkendara.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

One Response to Tips Aman Bebas Lelah Berkendara Jarak Jauh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *