Tips Bagi yang Baru Mulai Rutin Berolahraga

Published On September 24, 2018 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Health

Olahraga itu penting untuk dilakukan setiap hari. Apapun jenisnya. Tak hanya untuk menjaga kesehatan biar tidak gampang sakit, tetapi juga untuk membuat tubuh terlihat bugar biar lebih percaya diri dan lebih giat untuk melakukan aktivitas. Bagi lo yang baru mulai rutin berolahraga, Proman sudah menyiapkan tips penting untuk diingat ketika ingin mulai berolahraga.

Mulailah Dengan Sarapan Yang Sehat

Usahakan sejam sebelum berolahraga untuk memulai dengan sarapan yang penuh dengan karbohidrat dan protein. Yang dimaksud tetapi bukan yang sejenis seperti minuman bergula atau nugget ayam, melainkan seperti susu, buah-buahan, ikan atau sereal dan roti yang terbuat dari gandum.

Asupan karbohidrat yang maksimal setiap hari bakal menjadi bahan bakar untuk berolahraga supaya bisa bertahan lama dan bila dicampur dengan protein, tubuh lo menjadi lebih gampang meresap protein yang ada dan mengubahnya menjadi massa otot.

Jangan Fokus Terhadap Durasi Waktu

Bila baru mulai berolahraga, durasi waktu tidak penting. Bila lo bukan seseorang yang ingin berprofesi sebagai atlet profesional, secara umum melakukan aktivitas fisik dianjurkan hanya selama 30 menit setiap hari. Kalau misalnya mau menurunkan berat badan bisa dinaikkan ke 60 sampai 90 menit tergantung pada kebutuhan masing-masing tetapi yang dipentingkan adalah volume dan menaikkan intensitas secara rutin.

Mulailah dengan pelan-pelan. Misalnya lo ingin latihan angkat beban, mulai dari berat terendah terlebih dahulu. Lakukan 5 sampai 10 set setiap hari selama seminggu baru ditambah beban dan volume nya lagi. Ini untuk meningkatkan daya tahan terlebih dahulu supaya tubuh lo bisa tahan melakukan latihan yang lebih intensif.

Ingat untuk jangan melebihi dari batas kemampuan lo supaya tidak mendapatkan cedera yang tidak diinginkan dan membuat rutinitas olahraga lo hancur.

Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Minum air putih yang banyak sebelum dan sesudah berolahraga itu sangat penting. Tidak hanya untuk mencegah dehidrasi tetapi juga mengganti cairan tubuh yang hilang karena keringat. Pada saat berolahraga, dianjurkan hanya minum air ketika memang sudah terasa lelah.

Dikarenakan minum air putih yang melebihi kebutuhan masing-masing bisa menjadi berbahaya dan dapat menyebabkan hiponatremia, atau keracunan air, yang dapat menyebabkan sakit kepala, muntah, kejang dan bahkan kematian dalam beberapa kasus ekstrem.

Energy drink atau sports drink juga merupakan opsi yang layak untuk dikonsumsi sebelum atau sesudah berolahraga. Proman Energenesis bisa menjadi solusi pada situasi ini.

Coba Bikin Rencana Setiap Hari

Bila ingin mendapatkan hasil yang lebih efektif, cobalah untuk melakukan riset terlebih dahulu. Misalkan lo mau menurunkan berat badan, tipe olahraga apa yang dibutuhkan? Cobalah untuk melakukan latihan yang berbeda setiap minggu karena bila lo melakukan hal yang sama setiap hari di gym, itu akan membuat lo cepat merasa bosan dan malas berolahraga.

Catatlah di sebuah kertas atau jurnal untuk melihat seberapa efektifnya latihan lo. Jadi lo bisa mengubahnya bila yang lo lakukan sekarang tidak berjalan sesuai dengan harapan. Jangan malu juga untuk bertanya-tanya terhadap trainer profesional yang lo kenal atau dari gym langganan.

Tips apa lagi yang bisa membuat rutin olahraga lo menjadi lebih maksimal? Jangan lupa tulis di kolom komentar di bawah. Bila sudah selesai latihan, jangan lupa untuk minum Proman dengan kandungan ginsengnya bisa membuat tubuh lo penuh dengan tenaga extra lama dan juga menghilangkan rasa haus.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *