Tips Tepat Memilih Sepatu Futsal

Published On August 23, 2015 | By Proman5Jam | Knowledge

Bagi orang tertentu, sepatu merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Nggak hanya digunakan untuk jalan-jalan dan bekerja, saat berolahraga juga perlu menggunakan sepatu. Salah satu olahraga yang memerlukan sepatu yaitu olahraga futsal.

Dalam memilih sepatu futsal, sebaiknya nggak asal-asalan. Hal ini karena sepatu futsal berfungsi untuk melindungi kaki dari serangan lawan. Oleh karena itu, saat memilih sepatu futsal faktor kenyamanan sepatu merupakan hal yang penting. Jika pemilihan sepatu dilakukan dengan asal-asalan maka akan berakibat buruk bagi kaki. Lalu bagaimana cara memilih sepatu futsal yang tepat? Simak ulasan berikut:

Sesuaikan dengan bentuk dan ukuran kaki

Analisa dahulu bentuk kaki, pada umumnya bentuk kaki manusia ada dua macam yaitu slim fit dan wide fit. Karena tiap tipe dan merek sepatu mempunyai karakter yang berbeda, maka cara termudah adalah dengan mencoba dahulu sepatu futsal untuk mengetahui tingkat kenyamanan dikaki. Cari juga ukuran sepatu yang pas dengan kaki, jangan pilih yang terlalu longgar ataupun terlalu sempit.

Perhatikan bahan sepatu

Beberapa bahan yang sering digunakan dalam pembuatan sepatu futsal yaitu bahan imitasi, karbon, kain dan kulit. Hindari memilih bahan imitasi, ini karena bahan imitasi akan cepat rusak dan tidak nyaman saat dipakai. Sebaiknya, pilihlah sepatu futsal yang berbahan dari serat karbon. Selain nyaman saat digunakan, bahan ini  ringan dan kuat. Pilih juga sepatu yang memiliki bagian dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat serta tidak membuat lecet saat lama digunakan.

Perhatikan alas sepatu

Selain bahan, alas sepatu juga menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam memilih sepatu futsal. Pilihlah alas sepatu yang berbahan karet, karena bahan karet akan terasa kesat dan tidak licin jika dipakai.

Sesuaikan dengan budget

Keterbatasan budget jangan menjadi alasan untuk memilih sepatu imitasi atau KW. Selain masalah kenyamanan, rugi jika membeli sepatu KW dengan harga yang beda tipis karena jika nggak awet sama saja harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli sepatu futsal baru. Pilih range harga sesuai budget, jika hanya punya budget sekitar Rp 150.000 – Rp 250.000 bisa memilih sepatu lokal atau sepatu merek luar yang berada di kelas entry level.

Nah, itu dia beberapa tips dalam memilih sepatu futsal. Efek lain dari memilih sepatu futsal yang tepat adalah semangat untuk terus berolahraga dan menerapkan pola hidup yang sehat. So, ga usah mikir dua kali untuk beli sepatu futsal.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

One Response to Tips Tepat Memilih Sepatu Futsal

  1. Uluq Taj says:

    Siip ? makasih tips nya #PromanHijau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *