Tips Untuk Para Pendaki Gunung Pemula

Published On November 12, 2018 | By Proman5Jam | Challenge!, Editor's Picks, Sports

Mendaki gunung atau yang biasa disebut dengan Hiking merupakan kegiatan yang tak hanya menyehatkan badan tetapi juga baik untuk kesehatan mental kita. Walaupun begitu, mendaki gunung bila tidak hati-hati bisa jadi membahayakan. Di artikel ini Proman bakal kasih lo tips-tips penting yang perlu diketahui sebelum lo mencoba mendaki gunung.

  1. Riset, Riset dan Riset

Sebelum mulai mendaki, lebih baik untuk melakukan riset terlebih dahulu. Mulai dari memilih gunung yang akan didaki dan juga jalur pendakiannya. Bila lo masih pemula jangan mendaki gunung dengan puncak yang tinggi, mulailah dari puncak dengan ketinggian rendah saja supaya terbiasa dulu dan juga untuk mengetahui ketahanan fisik dan mengukur skill diri sendiri.

Pahami dengan detail jalur pendakian dari gunung yang lo pilih. Apakah jalurnya penuh lika-liku? Atau mungkin ada halangan berbahaya yang perlu diperhatikan? Pastikan jalur gunung tersebut aman untuk didaki dan perhatikan juga cuaca ketika mendaki gunung. Lebih baik mendaki gunung ketika musim kemarau dan tidak dianjurkan pada saat musim hujan karena jalurnya bakal menjadi licin dan lebih rawan bahaya.

2. Olahraga yang Rutin

Pada saat mendaki gunung lo akan banyak berjalan kaki dengan jalur yang memiliki elevasi yang naik turun, dan lo juga harus membawa tas yang berisi perlengkapan penting. Semua ini membutuhkan ketahanan tubuh yang memadai. Untuk meningkatkan ketahanan tubuh, lo diharuskan untuk melakukan olahraga rutin selama 2-3 bulan sebelum melakukan pendakian gunung.

Fokuskan dengan olahraga kardio seperti berlari atau bersepeda karena yang perlu diperhatikan adalah otot kaki supaya tidak membuat lo cepat lelah sewaktu berjalan kaki.

Tak perlu melakukan rutinitas olahraga yang ekstrem, hanya secukupnya saja untuk memastikan ketika lo mendaki gunung terasa nyaman dan mencegah cedera yang tidak diinginkan.

3. Membawa Perlengkapan Penting dan Memakai Pakaian Yang Sesuai

Usahakan untuk tidak membawa tas yang isinya terlalu berat supaya tidak menambah beban ketika berjalan kaki dan juga memakai pakaian yang sesuai supaya nyaman, seperti memakai sepatu gunung, celana gunung, sarung tangan atau jaket gunung bila diperlukan. Untuk perlengkapan yang penting dibawa adalah seperti:

  • Kompas & Peta, kemungkinan alat elektronik lo yang mempunyai alat bantu navigasi tidak akan berfungsi ketika mendaki gunung jadi untuk jaga-jaga tidak hilang dari jalur bawalah peta kertas dan kompas manual.
  • Senter atau Headlamp, untuk membantu pada saat malam hari.
  • P3K & Obat-obatan pribadi, untuk ketika ada yang cedera atau jatuh sakit.
  • Makanan dan Minuman, bawa makanan yang gampang dicerna dan tak perlu dimasak terlebih dahulu. Sangat penting untuk membawa makanan dan minuman ekstra yang dapat memberi energi tambahan, seperti Proman Energenesis.
  • Tenda, Kantong Tidur, dan Kantong Sampah, tidak perlu dibawa semuanya karena tergantung dengan kebutuhan pendakian gunung.
  • Baju dan Kaos Kaki Tambahan, bila pakaian yang dipakai kotor, basah atau dibutuhkan pada saat tidur.

Bisa juga membawa tambahan kecil lainnya yang tidak berat seperti kacamata hitam atau sunscreen ketika cuaca sedang panas dan bisa juga lotion anti nyamuk.

4. Bawa Teman dan Beri Kabar Kepada Orang Terdekat

Bila mau mendaki gunung tidak dianjurkan untuk melakukannya sendiri, lebih baik bersama teman atau mengikuti grup supaya bisa menjaga satu sama lain dari bahaya, dan sebelum beranjak pergi mendaki gunung selalu kasih kabar ke setiap orang terdekatmu seperti teman, orang tua, istri, atau pacar. Dengan begitu bila terjadi hal yang tidak diinginkan mereka bisa cepat merespon dan mengirim bantuan.

Kira-kira tips apa lagi nih yang perlu diketahui sebelum mulai mendaki gunung? Kasih jawaban lo di kolom bawah, dan jangan lupa bawa Proman Energenesis ketika mendaki gunung bersama teman-teman lo, supaya dapat energi tambahan dan bisa berjalan sampai puncak!

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *