Tujuh Makanan yang Baik untuk Asupan Nutrisi Sebelum Berolahraga

Published On December 24, 2018 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Health

Beberapa tahun terakhir semakin banyak orang yang peduli dengan kesehatan dan kebugaran tubuh. Kini olahraga bukan hanya sekadar untuk hal tersebut, tapi juga dilakukan sebagai lifestyle atau gaya hidup sehat. Maka semakin beragam pula jenis olahraga yang dilakukan untuk berbagai macam tujuan.

Apapun jenis olahraga yang dilakukan, hal paling dasar yang dibutuhkan adalah asupan nutrisi sebelum dan sesudah olahraga dilakukan. Proman akan coba mendeskripsikan apa saja makanan terbaik yang bisa dijadikan sebagai asupan sebelum berolahraga.

Di bawah ini adalah tujuh jenis makanan dan kombinasi yang dapat memberikan asupan nutrisi ke dalam tubuh, serta penjelasan singkat mengapa makanan ini baik bagi tubuh manusia. Karena tubuh setiap orang berbeda-beda, maka perlu dipilih dan dikombinasikan sendiri mana yang paling dibutuhkan.

 

  1. Yoghurt 

Pilihlah yoghurt yang difermentasi dari susu sapi, bukan yang dari susu kacang kedelai. Karena produk yoghurt yang berasal dari susu sapi memiliki rasa yang lebih enak. Selain itu, tubuh akan menyerap kalsium yang tidak bisa didapat dari jenis yoghurt lain.

Yoghurt juga bisa dinikmati dengan berbagai macam rasa, seperti yoghurt stroberi, mangga, leci, jeruk, jambu, atau lainnya. Pilihlah sesuka hati.

  1. Brokoli 

Ketahuilah bahwa sayuran hijau yang mengandung anti-oksidan ini sangat manjur untuk mencegah kanker. Bukan hanya itu, semangkuk brokoli rebus juga mengandung vitamin C setara dengan jeruk ukuran sedang, juga serat yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Vitamin C bertanggungjawab untuk memelihara sel serta membilas sel dan jaringan yang rusak atau mati yang secara alami diakibatkan oleh kegiatan berolahraga.

  1. Salmon 

Salmon adalah sumber protein tanpa lemak dan asam Omega-3 yang unggul. Nikmati irisan kecil salmon bersama potongan roti gandum dengan olesan alpukat. Sekitar 30 menit setelah itu, olahraga siap dilakukan dengan penuh energi.

Minuman berenergi seperti Proman Energenesis juga cocok menemani selama melakukan latihan yang menguras keringat, karena Proman mengandung multiginseng dan vitamin B kompleks yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu pembentukan energi.

 

  1. Putih Telur 

Sebetulnya secara keseluruhan telur itu baik dan bermanfaat. Hanya ada sedikit risiko yang akan didapat kalau kuning telurnya juga dimakan. Namun, jika bertujuan untuk ingin memangkas beberapa centimeter bagian tubuh dengan tetap ingin mendapatkan protein, pilihlah bagian putih telurnya saja.

Putih telur dapat dinikmati dalam bentuk dadar, orak-arik, atau direbus dan dimakan bulat-bulat bagian putihnya. Ingat, tidak perlu memakan bagian kuningnya.

  1. Pisang 

Mengandung banyak sekali potassium yang dapat mencegah terjadinya kram otot saat olahraga, pisang juga mengandung banyak sekali karbohidrat berkualitas yang dapat menjaga seseorang saat melakukan olahraga yang berat sekalipun.

  1. Dada Ayam dan Ubi 

Karena dua kombinasi ini terbilang sedikit lebih berat, maka sebaiknya dimakan setidaknya 2 jam sebelum olahraga dilakukan, supaya cukup waktu bagi tubuh untuk mencernanya. Tentunya ayam mengandung banyak sekali protein, sedangkan ubi mengandung banyak karotin (zat yang membuat buah dan sayuran berwarna kekuningan) ditambah dengan vitamin dan mineral yang cukup.

Dibakar atau direbus, keduanya tetap dapat membuat kombinasi dada ayam dan ubi ini jadi makanan yang nikmat. Jika ingin menggoreng ubinya, jangan kupas kulitnya dan oleskan minyak, bawang, serta taburi merica untuk menambah kenikmatan.

  1. Alpukat 

Ingin melakukan olahraga pagi dan butuh sarapan yang sehat? Buah alpukat bisa jadi alternatif lain pengganti selai roti. Buah yang mengandung nutrisi seperti lemak nabati, vitamin E dan A ini sangat berguna saat olahraga dilakukan. Apalagi jika dinikmati dengan roti gandum. Kandungan karbohidrat yang dimiliki roti gandum bisa menguatkan diri saat olahraga sedang berlangsung.

Selain tujuh jenis makanan di atas, tentunya masih banyak lagi makanan sehat yang bisa dinikmati sebagai asupan nutrisi sebelum melakukan olahraga.

Jika punya daftar makanan sehat lainnya yang biasa dikonsumsi sebelum melakukan olahraga, silakan tambahkan di kolom komentar artikel ini, atau mudahnya tag / mention saja Proman 5 Jam di Facebook.

 

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *