U2 Berusia 40 Tahun Sekarang

Published On October 17, 2016 | By Proman5Jam | Editor's Picks, Music

Pada September 1976, Larry Mullen memberi pengumuman di Dublin’s Temple Mount School, Irlandia, bahwa dia membutuhkan remaja bertalenta untuk mengisi grupnya. Ia memulai seleksi proyeknya di Artane.

Akhirnya, empat orang bergabung membentuk “Feedback”, yaitu Bono pada vocal, The Edge pada gitar, Adam Clayton dan Larry pada bass dan drum. Kemudian mereka mengubah nama menjadi “The Hype” dan akhirnya “U2”.

Single pertama mereka dirilis Mei 1980 berjudul 11 O’clock Tick-Tock dan album debut mereka bertajuk Boy rilis lima bulan kemudian dengan materi promo lagu berjudul I Will Follow.

Perjalanan Panjang Band Legendaris u2a

Siapa yang tak mengenal U2, band Irlandia yang sering mengeluarkan lagu-lagu seputar politik itu? Bisa cek pada lirik-lirik Miss Sarajevo , Walk On, dan Sunday Bloody Sunday. Selain tajamnya kritik pada lagu politik, U2 berhasil masuk ke hati para penggemarnya lebih dari itu.

Tentu saja, para penggemarnya juga ingat bagaimana The Joshua Tree terjual lebih dari 20 juta copy dan pada perhelatan Grammy Awards 1987 pun mengantongi Album of The Year dan Best Rock Performance.

Pijakan kokoh U2 di dunia musik rock bertambah kuat, misalnya saat single Vertigo memenangkan Grammy Awards di tahun 2004.

Atau, siapa yang tak ingat dengan konser tur spektakuler selama 26 bulan dan ditutup pada Juli 2011? ‘ digelar dengan 110 penampilan yang dipersembahkan untuk 7,1 juta penggemar di 30 negara dan 5 benua.

Perayaan 40 tahun U2 digelar salah satunya di Dublin pada tanggal 24 September 2016 oleh The Joshua Tree, sebuah band terkenal yang biasa mengusung lagu-lagu U2.

U2 masih terus menggelar tur keliling. Usia boleh menua, tetapi semangat tetap terjaga seperti ketika mereka bertemu pertama kali di dapur Larry 40 tahun silam.

Kutipan Terkenal U2 u2c

“Edge adalah kepala grup. Adam dan Larry adalah kakinya, gerakan dan irama. Karena saya emosional, orang memanggil saya ‘hati’ – Bono, 1983

“Saya tak berpikir saya bertujuan untuk segala kebaikan dalam hidup sebelum U2. Keputusan terbaik yang pernah saya lakukan adalah menjadi bagian dari U2 dan saya saya tidak perlu membuat keputusan serius lainnya.” – Adam Clayton, 2006.

“Saya percaya musik kami istimewa. Tetapi Anda harus memisahkan musik dari orangnya. Musiknya istimewa, tetapi saya pikir kami tidak. Kami hanya orang biasa.” – Larry Mullen Jr., 1987
“Rock ‘n’ roll adalah tentang menangkap momen. Ini adalah insting. Rock bukan sesuatu yang bisa kamu lakukan dengan duduk saat belajar dan menulis dalam sepi.” The Edge, 2006

“Sebagai bintang rock, Saya punya dua insting. Saya ingin bersenang-senang dan saya ingin mengubah dunia. Saya punya kesempatan untuk melakukan keduanya.” – Bono, 1999

“Jika Bono keluar, kami masih bisa terus. Jika saya keluar, kami akan kacau.” – Larry Mullen Jr., 2005

Sayang sekali, sampai dengan saat ini U2 belum bisa datang ke Indonesia untuk menghibur para fansnya di sini. Andai U2 akhirnya berkesempatan datang ke Indonesia, lagu apa yang paling ingin sekali didengar untuk dimainkan? Silakan tulis di kolom komentar artikel ini.

Like this Article? Share it!

About The Author

Pria yang penuh dengan antusiasme, Memiliki energi lebih untuk selalu melakukan petualangan baru yang penuh tantangan!

One Response to U2 Berusia 40 Tahun Sekarang

  1. Uluq Taj says:

    ternyata dah 40 th , mantab ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *